Siapkan Rp 2,3 Miliar, Kota Batu Segera Bangun Unit Donor Darah | Jatim TIMES

Siapkan Rp 2,3 Miliar, Kota Batu Segera Bangun Unit Donor Darah

Jan 15, 2022 19:31
Warga saat melakukan donor darah di kantor PMI Kota Batu (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES).
Warga saat melakukan donor darah di kantor PMI Kota Batu (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Kota Batu segera memiliki Unit Donor Darah (UDD). Rencananya, UDD akan direalisasikan pada 2022 ini dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 2,3 Miliar.

Peningkatkan fasilitas untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu tersebut memang sudah diprogramkan sejak lama, namun baru bisa direalisasikan tahun ini. Fasilitas tersebut dimaksimalkan, mengingat PMI Kota Batu satu-satunya yang belum memiliki UDD.

Baca Juga : Ludes Terbakar, Pemkab Banyuwangi Segera Relokasi Pedagang Pasar Galekan

Karena itu pembangunan UDD mendapat dorongan penuh Wali Kota Batu dan PMI Provinsi. Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, harapan besar pembangunan fasilitas tersebut bisa diwujudkan tahun ini.

“Melihat pandemi Covid-19 saat kasus melonjak beberapa saat lalu kebutuhan darah dan plasma konvalesen sangat dibutuhkan. Sehingga UDD ini sangat penting,” kata Punjul.

Nantinya, lanjut Punjul, pengerjaan akan diambilkan dari anggaran pembangunan Puskesmas 2 Bumiaji yang masih mengalami kendala terkait pencarian lahan.

Tidak hanya itu saja, dengan hadirnya UDD nanti juga dapat dimanfaatkan masyarakat ketika terjadi seperti kecelakaan maupun masyarakat yang ingin cuci darah. Bukan hanya bagi masyarakat Kota Batu, namun juga wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

Baca Juga : Telan Anggaran Rp 6 Miliar, Dewi Sri Pujon Akan Disulap Jadi Pasar Wisata

Selain UDD, rencananya Pemkot Batu juga akan membuka pendaftaran Sumber Daya Manusia (SDM) bekerjasama dengan Poltekes Kota Malang. SDM yang dibutuhkan nanti sebanyak tiga orang yang nantinya terbagi menjadi tiga shift.

Topik
Kota Batu PMI Kota Batu berita kota batu Berita Jatim

Berita Lainnya