Vaksin Booster di Kota Batu Dimulai, ASN Jadi yang Pertama | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Vaksin Booster di Kota Batu Dimulai, ASN Jadi yang Pertama

Jan 13, 2022 20:34
Salah satu ASN saat divaksin booster di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (13/1/2022).
Salah satu ASN saat divaksin booster di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (13/1/2022).

JATIMTIMES - Vaksinasi Covid-19 booster perdana mulai dilakukan di Kota Batu. Untuk mengawali vaksinasi booster ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batu menjadi sasaran pertama.

Pemberian vaksin booster pun berlangsung di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (13/1/2022). Sama seperti pemberian vaksinasi pada dosis pertama dan kedua, para ASN harus melakukan tes kesehatan.

Baca Juga : Warga Protes Bau Tak Sedap TPA Tlekung, Begini Respons Pemkot Batu

Jika mereka lolos bisa mendapatkan vaksin booster. “Sebagai tahap awal, vaksinasi yang digelar di Graha Pancasila ini diprioritaskan bagi ASN,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari. 

ASN yang diutamakan menurutnya yang berusia di atas 50 tahun. Selain itu bagi mereka yang telah menerima vaksin primer dengan jangka waktu 6 bulan dari dosis kedua. Pelaksanaan vaksinasi booster masih terbatas dan difokuskan untuk lansia dan mempunyai penyakit komorbid.

Bagi penerima vaksin primer Sinovac atau vaksin pertama dan kedua Sinovac, akan diberikan vaksin booster setengah dosis vaksin Pfizer atau AstraZeneca. “Sedangkan untuk vaksin primer AstraZeneca pilihan vaksin booster setengah dosis vaksin Pfizer atau moderna,” tambah Kartika.

Sementara itu, ada tiga alasan diberikan vaksin booster ini. Pertama adanya kecenderungan penurunan jumlah antibody sejak 6 bulan pasca vaksinasi terutama ditengah kemunculan varian Covid-19 termasuk Omicron.

Baca Juga : Dewan Pendidikan Berupaya Tuntaskan Permasalahan Guru Sekolah Negeri Tanpa Rugikan Sekolah Swasta

Kedua, sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa Pandemi Covid-19 dan ketika memenuhi hak warga Indonesia untuk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Kemudian vaksin booster ini diberikan secara gratis dengan sasaran usia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan  yang lalu. Prioritas untuk lansia dan kelompok rentan dan dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Vaksinasi vaksinasi booster

Berita Lainnya