Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

5 Manfaat Tak Terduga Kacang Navy bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

06 - Jan - 2022, 08:49

Placeholder
Kacang navy (Foto: istockphoto.com)

JATIMTIMES - Kacang navy merupakan salah 1 jenis polong-polongan. Kacang navy ini sejenis dengan kacang merah, kacang hitam dan kacang pinto.

Kacang yang juga sering disebut kacang haricot ini memang tidak banyak diketahui. Namun ternyata, kacang ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga : Gencarkan Sosialisasi dan Taat Prokes, Kabupaten Kediri Masuk Zero Kasus Aktif Covid-19

Melansir dari sebuah video di kanal YouTube Saddam Ismail pada 6 Januari 2022, berikut 5 manfaat kacang Navy bagi kesehatan: 

1. Membantu menurunkan berat badan

Selain tinggi serat, kacang navy juga rendah kalori. Sehingga polong-polongan ini sangat cocok untuk menunjang program diet.

Makanan tinggi serat bisa membuat kencang lebih lama dan tidak mudah lapar. Kemudian makanan rendah kalori juga tidak akan membuat berat badan naik.

Hal ini bisa terjadi dengan catatan tetap menjalankan pola hidup sehat, mulai menjaga pola makan dan olahraga.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang navy juga mengandung magnesium yang bagus untuk kesehatan jantung karena bisa menjaga setang jantung normal dan mengendalikan tekanan darah.

Ada juga kandungan folat yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar Homostein hingga menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Kacang navy juga membantu mengendalikan kadar gula darah, maka otomatis juga menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kacang Navy mempunyai kandungan serat yang tinggi. Ada 2 jenis serat, yakni serat larut dan serat tak larut.

Serat larut tersebut akan menyerap air dan membentuk gel di dalam usus. Sementara serat tak larut akan menambah masa tinja dan menghilangkan limbah dari saluran pencernaan.

Baca Juga : Sebuah Studi Sebut Omicron Dapat 'Netralkan' Covid-19 Varian Delta, Apa Pengaruhnya?

Pada kacang navy terdapat juga Pati resisten yang sifatnya mirip prebiotik sehingga bisa dijadikan sebagai makanan bakteri baik dan membuat saluran pencernaan lebih terjaga kesehatannya.

4. Menjaga fungsi kognitif otak

Kacang navy ternyata juga mengandung Folat yang bagus untuk memori dan kognitif di otak. Hal itu bisa membuat daya ingat seseorang menjadi meningkat dan menghindarkan dari penyakit degeneratif saat usia tua.

5. Menurunkan resiko diabetes

Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti kacang navy ini ternyata bisa mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, serat juga dapat membantu penyerapan nutrisi di usus.

Kacang navy termasuk makanan yang memiliki Indeks Glikemik rendah hingga membuat kadar gula darah lebih stabil.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya