Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Berburu NIP, Calon Guru PPPK di Bondowoso Geruduk Kantor Dinas Pendidikan

Penulis : Abror Rosi - Editor : Pipit Anggraeni

05 - Jan - 2022, 04:53

Ratusan guru bergantian menyerahkan berkas ke Kantor Dinas Pendidikan (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Ratusan guru bergantian menyerahkan berkas ke Kantor Dinas Pendidikan (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Sekitar 500-an guru yang lolos seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Bondowoso mulai mengurus pemberkasan untuk memperoleh Nomor Induk Pegawai (NIP). Ratusan guru itu bergantian menyerahkan berkas ke Dinas Pendidikan setempat pada Rabu (5/1/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, Sugiono Eksantoso mengungkapkan, dalam pemberkasan ada aturan yang harus dipenuhi. Di antaranya melampirkan surat pernyataan dari Kepala Dispendik bahwa calon guru PPPK ini minimal tiga tahun telah mengabdi di sekolahnya. 

Baca Juga : Bocah 7 Tahun di Jember Meninggal Dianiaya Ibunya

Untuk mendapatkan itu, pihaknya mewajibkan kepada masing-masing calon guru PPPK untuk melampirkan pernyataan kepala sekolah yang diketahui oleh pengawas. 

"Yang lolos ini, ini yang siap mau dapat NIP. Makanya saya hati-hati pemberkasan itu," urainya. 

Ia menyebutkan bahwa pihaknya mendapatkan kuota 1.900-an. Namun, yang saat ini lulus baru 500-an guru. Sementara sisanya masih menunggu pengumuman tahap dua dan tahap tiga. 

"Tahap kedua ini kan belum pengumuman. Tahap ketiga masih proses," tuturnya. 

Penambahan guru PPPK ini, disebutnya menjadi menjadi salah satu upaya dalam mengisi kekurangan guru di 420 SDN dan 48 SMPN di seluruh Bondowoso. 

Di samping pihaknya juga melakukan upaya lain. Seperti rekruitmen, pengembalian kepala sekolah menjadi guru yang hasil penilaian kinerjanya kurang, dan lainnya. 

Baca Juga : Peremajaan Butuh Rp 17 Miliar, Jalan Mayjen Sungkono Kota Malang Disiapkan Naik Kelas I

"PPPK ini menjadi salah satu upaya menutupi kekurangan guru," pungkasnya. 

Untuk diketahui, sebanyak 1.978 guru dari berbagai jenjang pendidikan di Bondowoso mengikuti ujian seleksi kompetensi teknis Pegawai Pemerintah dalam Perjanjian Kerja (PPPK).

Ujian digelar pada 13-18 September 2021 di tiga sekolah, yakni SMA Negeri 2 Bondowoso, SMK Negeri 3 Bondowoso, dan SMK Negeri 1 Bondowoso.


Topik

Pemerintahan


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Pipit Anggraeni