Selama 1 Tahun, Polres Bangkalan Ungkap 129 Kasus Narkoba dan Ratusan BB Dimusnahkan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Selama 1 Tahun, Polres Bangkalan Ungkap 129 Kasus Narkoba dan Ratusan BB Dimusnahkan

Dec 28, 2021 17:10
Kapolres dan Bupati beserta Forkopimda Bangkalan dan tokoh agama saat memusnahkan BB sabu, miras dan knalpot brong, di Mapolres Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 
Kapolres dan Bupati beserta Forkopimda Bangkalan dan tokoh agama saat memusnahkan BB sabu, miras dan knalpot brong, di Mapolres Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu, di Kabupaten Bangkalan, Madura nayaris tak terbendung, terhitung selama periode satu tahun ini, Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan, mengungkap sebanyak 129 kasus. 

Dari jumlah kasus yang diungkap oleh jajaran Polres Bangkalan tadi, terdapat sebanyak 172 tersangka yang ditangkap yang terdiri dari 168 orang laki-laki, 1 orang perempuan dan 3 orang tersangka di bawah umur, yang terdiri dari pengedar 65 orang serta pengguna 107 orang. 

Baca Juga : Setelah Tahun Baru, Arema FC Kenalkan 2-3 Pemain Baru Berlabel Timnas Indonesia

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alirano mengatakan, kriteria dari pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu itu, hanya satu orang yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS), sedangkan pekerjaan yang lainnya rata-rata swasta. 

Sedangkan terhadap 1 tersangka dari kalangan PNS, diakui oleh Alith sudah ditindaklanjuti kepada Bupati Bangkalan. "Tindak lanjut bagaimana statusnya sebagai PNS tergantung dari kebijakan Pemda, pidana narkobanya saat ini dalam proses penyidikan," tuturnya. 

Sementara itu, barang bukti (BB), yang diamankan dari kasus penyalahgunaan narkoba tadi, diantaranya 358 gram narkoba jenis sabu, ganja 12,79 gram, 3 butir ekstasi dan tembakau sintetis 4,24 gram. 

"Dari 129 kasus tersebut, sudah selesai penyidikan 127 kasus atau dalam skala persentase 98 persen sedangkan 2 sisanya masih dalam proses penyidikan," jelas Kapolres saat pers rilis di Mapolres Bangkalan, Selasa (28/12/2021). 

Selain itu Kapolres memaparkan, dari jumlah BB sabu-sabu seberat 358 gram tadi, didapatkan dari sejumlah kecamatan di Bangkalan. Dengan rincian, 10,6 gram didapatkan di Kecamatan Galis, 2,36 gram di Kecamatan Trgah, 7,7 gram di Kecamatan Socah, 4,02 gram di Kecamatan Tanjung Bumi, 3,1 gram di Kecamatan Socah, 1,26 gram Kecamatan Tanjung Bumi, 0,92 gram di Kecamatan Tanjung Bumi, 0,86 gram di Kecamatan Kota, 0,5 gram di Kecamatan Socah, 2,4 gram di Kecamatan Arosbaya, 1,96 gram di Kecamatan Socah, dan 6,2 gram di dapatkan di daerah Suramadu. 

Baca Juga : Tidak Terbukti Edarkan Narkoba, Artis Sinetron Bobby Joseph Jalani Rehabilitasi

Kemudian minuman keras (miras) yang diamankan, terdapat 675 botol miras, dengan rincian, anggur merah botol besar sebanyak 235 botol, bir hitam botol kecil 85 botol dengan TKP Desa Burneh, kemudian postpil sener 55 botol, whisky botol kecil 65 botol dengan TKP di Kelurahan Mlajah, dan miras oplosan sebanyak 140 botol dengan TKP di Kelurahan Pejagan, serta Rak botol besar dan botol kecil terdiri dari 40 botol dan 55 botol dengan TKP di Kecamatan Kwanyar. 

Sekedar diketahui press rilis yang digelar di halaman Mapolres kali ini, juga dilaksanakan pemusnahan BB sabu, miras dan knalpot brong, turut hadir dalam proses pemusnahan BB tersebut, diantaranya, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif) yang di dampingin oleh Forkopimda serta tokoh agama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemusnahan Narkoba pemusnahan barang bukti

Berita Lainnya