Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Bagi Anggaran Pembinaan di 2022, KONI Banyuwangi Lakukan Verifikasi Cabor

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Pipit Anggraeni

24 - Dec - 2021, 18:18

Placeholder
Suasana pelaksanaan presentasi Cabor di kantor KONI Kabupaten Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES

JATIMTIMES - Jelang tutup tahun, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banyuwangi melakukan pengumpulan berkas dan verifikasi cabang olahraga (Cabor). Agenda rutin yang wajib digelar setiap tahunnya ini menjadi salah satu pertanggungjawaban dari masing-masing cabor yang ada.

Ketua Verifikasi Cabor KONI Banyuwangi tahun 2021 Zaenal Efendi mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang digelar merupakan bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana pembinaan olahraga selama satu tahun. Pertanggungjawaban itu kemudian dirangkum dalam satu berkas, dan menjadi penilaian kinerja pengurus cabor dalam satu tahun. Di dalamnya berkaitan dengan besar atau kecilnya anggaran pembinaan masing-masing cabor sesuai dengan skor akhir yang ditetapkan.

Baca Juga : Puluhan Sopir dan Kondektur Bus Jalani Tes Urine Mendadak, Begini Hasilnya

Pria asal Kampung 10 Tegaldlimo itu menuturkan, ada tiga item yang memiliki skor penilaian kinerja pengurus Cabor. Meliputi kegiatan yang diikuti dan dilaksanakan selama satu tahun, prestasi yang didapatkan dan jumlah klub dan atlet cabor. Rangkaian kegiatan mulai dengan presentasi pengurus Cabor di kantor KONI Banyuwangi pada Sabtu (18/12/2021).

“Contoh kegiatan yang diikuti harus ada bukti fisik agar tim KONI bisa melakukan verifikasi faktual. Misalnya satu cabor mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa Timur (Jatim) maka harus ada bukti undangan atau surat pemberitahuan dari Pengurus Provinsi (Pengprov) Jatim sebagai panitia pelaksana kegiatan,” jelas pria berkacamata itu di kantor KONI Banyuwangi Jumat (24/12/2021).

Selanjutnya, pengurus Cabor harus mencantumkan foto kegiatan saat mengikuti Kejurprov. Apabila mampu berprestasi dan meraih juara, maka harus melampirkan bukti fisik seperti medali, piagam penghargaan maupun foto saat upacara penyerahan tropi.

Kemudian Zaenal menambahkan, untuk program kegiatan yang dilaksanakan dalam satu tahun, maka pengurus cabor harus melampirkan Surat Keputusan (SK) kepanitiaan, foto kegiatan dan laporan hasil kegiatan dan seterusnya.

Baca Juga : Pohon Besar Tumbang Tutupi Jalan Raya Punten Kota Batu, Roda Empat Tak Bisa Lewat

“Hari ini merupakan batas akhir penyerahan berkas dan sesuai dengan kesepakatan bersama dalam rapat kerja (Raker) KONI Banyuwangi dengan semua anggota, sanksi bagi yang tidak mengikuti tahapan presentasi, menyerahkan berkas dan verifikasi maka Cabor tersebut akan mendapatkan alokasi dana paling bawah,” pungkas Zaenal.


Topik

Olahraga



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Pipit Anggraeni