Komisi C DPRD Lumajang Minta Perusahaan Leasing dan Bank Beri Penundaan Pembayaran Kredit Untuk Korban Semeru | Jatim TIMES

Komisi C DPRD Lumajang Minta Perusahaan Leasing dan Bank Beri Penundaan Pembayaran Kredit Untuk Korban Semeru

Dec 15, 2021 20:01
Trisno, Ketua Komisi C DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)
Trisno, Ketua Komisi C DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

JATIMTIMES – Ketua Komisi C DPRD Lumajang, Trisno, berharap kepada perusahaan leasing dan bank yang memberikan penundaan pembayaran kepada warga terdampak erupsi Semeru. Yang terbanyak menurut Trisno adalah kredit truk yang selama ini digunakan untuk mengangkut pasir.

“Saya menerima sejumlah keluhan dari pemilik truk angkutan pasir agar disampaikan kepada perusahaan leasing atau bank agar diberikan penundaan pembayaran angsuran selama tambang pasir belum normal seperti sekarang ini,” kata Trisno.

Baca Juga : Dua Warga Kabupaten Malang Jadi Korban Erupsi Semeru, 1 Orang Belum Ditemukan

Masih kata politisi PPP yang juga Ketua GPK Lumajang ini, akibat erupsi Semeru untuk sementara tambang pasir masih belum normal, karena sejumlah ruas jalan masih belum boleh dilalui oleh kendaraan pengangkut pasir.

“Candipuro itu banyak memiliki lahan tambang. Banyak pemilik angkutan yang truknya kredit, sekarang ini belum bisa beroperasi kembali. Jika tidak ada penghasilan, sudah pasti mereka tidak bisa menabung untuk membayar angsuran, karenanya penundaan pembayaraan ini sangat penting artinya bagi pemilik truk pasir,” kata Trisno kemudian.

Saat ini, kata Trisno, semuanya terdampak. Tidak hanya pemilik truk pasir. Warga yang terdampak erupsi Semeru sudah hampir pasti tidak bisa membayar angsuran, baik kredit kendaraan atau kredit umum lainnya.

“Oleh karena itu, jangan sampai vakumnya aktivitas ekonomi masyarakat selama beberapa bulan kedepan harus dipahami, jangan sampai ada denda karena mereka tidak bayar angsuran,” jelas Trisno.

Disisi lain, sudah saatnya Pemkab Lumajang juga mengambil bagian dalam usaha ini, dengan memanggil pihak leasing dan perbankan untuk membicarakan penundaan pembayaran kredit tersebut.

Baca Juga : Graduation Ceremony FIFGROUP Explore 2021, Pelajar Lampung dan Palu Siap Masuk Dunia Kerja

“Kalau sudah bicara akibat erupsi Semeru, dampaknya kemana-mana. Bukan hanya warga terdampak langsung saja, ada rangkaian akibat yang juga dialami oleh warga diluar wilayah terdampak, yang pekerjaannya terkait dengan tambang. Oleh karena itu kebijakan penundaan itu menjadi sangat penting untuk segera sampaikan kepada pihak perbankan juga,” jelas Trisno kemudian.

Diluar Pemkab Lumajang yang kemungkinan akan menginisiasi masalah ini, Komisi C DPRD Lumajang berencana untuk membicarakan masalah ini dengan pihak-pihak pemberi kredit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
penundaan pembayaran kredit Ketua Komisi C DPRD Lumajang Berita Lumajang hari Ini Letusan Semeru Lumajang

Berita Lainnya