Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ruang Mahasiswa

Peristiwa Banjir Bandang Batu Bulan Lalu Gerakkan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Adakan Sosialisasi Mitigasi Bencana

Penulis : Mahasiswi UM Jurusan Geografi 2020 - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Dec - 2021, 18:26

Placeholder
Mahasiswa Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang sesaat setelah memberikan materi kepada masyarakat (Foto: Dokumentasi Penulis).

JATIMTIMES - Batu (13/12/21), Mahasiswa Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan sosialisasi mitigasi bencana kepada siswa SMP Negeri 4 Batu. Mitigasi adalah salah satu upaya untuk mengurangi resiko saat terjadi bencana.

Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk mengenalkan berbagai bencana yang berpotensi terjadi di Kota Batu serta bencana bencana yang pernah terjadi di Indonesia.  Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi informasi mengenai bagaimana cara menanggapi atau menangani bencana alam apabila terjadi sewaktu-waktu, sehingga dapat di lakukan persiapan sebagai upaya mengurangi dampak dari bencana alam.

Gambar-1-pemaparan-materi-Sumber---kamera-pribadib4f72f403bd8f493.png
Gambar 1. Pemaparan materi (Sumber: Kamera pribadi)

Kecamatan Bumiaji merupakan salah satu kecamatan di Kota Batu yang beberapa waktu lalu mengalami musibah bencana banjir bandang, hal ini lah yang melatarbelakangi mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan Geografi tergerak untuk memberikan sosialisasi mengenai mitigasi bencana. 

Mereka berharap dengan adanya sosialisasi ini, para siswa memiliki ilmu mengenai mitigasi bencana mulai dari gejala-gejala hingga cara untuk mengevakuasi diri dan lingkungan sekitar untuk meminimalisir akibat yang di timbulkan apabila terjadi bencana, Mengingat bencana alam dapat datang kapan saja, sehingga edukasi mitigasi bencana sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini 

Gambar-2.-Sesi-Tanya-Jawab-Sumber---Kamera-Pribadi9ae9534026341a6a.png
Gambar 2. Sesi Tanya Jawab (Sumber: Kamera Pribadi)

Kegiatan ini di ikuti oleh siswa SMP Negeri 4 dengan antusias, ke antusiasan mereka di tunjukan pada saat sesi tanya jawab. Mereka menanyakan banyak pertanyaan seputar mitigasi. Kebanyakan dari mereka menanyakan mengenai bagaimana cara menanggapi apabila terjadi bencana di sekitar mereka misalnya banjir atau tanah longsor. Hal ini menandakan bahwa para siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai mitigasi, serta menjadi salah satu pertanda bahwa pengetahuan mengenai mitigasi bencana merupakan pengetahuan yang menarik serta penting untuk di bahas dan di ketahui.


Topik

Ruang Mahasiswa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mahasiswi UM Jurusan Geografi 2020

Editor

Sri Kurnia Mahiruni