26/11/2022 Hasil Pilkades Serentak di Lumajang: Calon Kades Petahana Masih Dipercaya, Calon Perempuan Banyak Tumbang   | Jatim TIMES

Hasil Pilkades Serentak di Lumajang: Calon Kades Petahana Masih Dipercaya, Calon Perempuan Banyak Tumbang  

Dec 03, 2021 06:48
Rekapitulasi suara Pilkades Desa Ranulogong, Kecamatan Randuag, Lumajang. (foto : Teguh Eko Januari/ JatimTimes)ung
Rekapitulasi suara Pilkades Desa Ranulogong, Kecamatan Randuag, Lumajang. (foto : Teguh Eko Januari/ JatimTimes)ung

Pewarta: Teguh Eko Januari | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES -  Rekapitulasi suara Pilkades serentak di Lumajang telah rampung dan masuk di database Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang pada Kamis (02/11) malam pukul 20.30 WIB. 

Plt Kepala DPMD Kabupaten Lumajang Mustajib SH mengaku lega karena pelaksanaan pilkades serentak telah selesai dengan lancar. 

Baca Juga : Dai Muda Jatim Deklarasikan KH Marzuki Mustamar untuk Pimpin PBNU 

 

Dari data rekapitulasi tersebut, dapat dipastikan bahwa calon kades petahana (incumbent) masih mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk kembali memimpin desanya. Dari 20 petahana, 11 orang lolos terpilih untuk menjabat sebagai kades periode selanjutnya. Sementara 9 orang calon petahana tumbang.

Keberhasilam calon petahana ini tidak diikuti oleh calon kades dari kaum perempuan. Dari 13 orang calon kades perempuan, hanya 3 orang yang berhasil lolos. Sementara 10 lainnya tumbang.

“Caon petahana masih kuat. Sementara calon perempuan hanya tiga yang lolos, termasuk satu orang perempuan calon petahana,” ujar Mustajib.

Tiga orang perempuan yang lolos tersebut yaitu Ilahina Kusumawati dari Desa Sruni, Kecamatan Klakah, yang memperoleh 1.792 suara. Ilahina mengalahkan calon perempuan lainnya bernama Hanifa Desianti yang mendapat 9 suara.

Berikutnya Siti Maisarroh dari Desa Curahpetung, Kecamatan Kedungjajang, yang mengalahkan tiga orang calon lainnya dengan total suara 2.394. Calon kades berikutnya yaitu Yayuk Sri Rahayu dari Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, yang mengalahkan tiga orang calon lainnya dengan memperoleh 2.429 suara.

Baca Juga : Pembangunan Kolam Renang di Halaman Sekolah Tulungagung Sesuai Prosedur, Ini Kata Disdikpora dan Pemdes 

 

Berikut ini nama-nama calon kades terpilih yang ikut pilkades serentak pada Kamis (02/11). Data ini kami peroleh dari DPMD Kabupaten Lumajang. 

1.    Kecamatan Tempeh, Afifudin (petahana) dari Desa Jokarto dan Jasadi dari Desa Pulo. 
2.    Kecamatan Jatiroto,  Nujum (petahana) dari Desa Jatiroto dan Syamsul Arifin dari Desa Banyuputih Kidul.
3.    Kecamatan Sumbersuko, Fathur Rohman dari Desa Kebonsari dan Sumarli dari Desa Petahunan. 
4.    Kecamatan Gucialit, Slamet Triono dari Desa Kenongo, Samad (petahana) dari Desa Sombo, dan Kenik dari Desa Dadapan.
5.    Kecamatan Tekung, Aminulloh dari Desa Tekung
6.    Kecamatan Pronojiwo, Agus Eko Purnomo dari Desa Sidomulyo dan Abd. Kholiq dari Desa Tamanayu.
7.    Kecamatan Candipuro, Yayuk Sri Rahayu dari Desa Sumbermujur dan Sulhan dari Desa Sumberwuluh.
8.    Kecamatan Yosowilangun, Didik Purwandono (petahana) dari Desa Kraton, Zainul Anwar (petahana) dari Desa Yosowilangun Kidul dan Edy Purwanto (petahana) dari Desa Kalipepe.
9.    Kecamatan Randuagung, Heri dari Desa Ranulogong dan Nur Wahid dari Desa Kalidilem.
10.    Kecamatan Padang, Akhmadi dari Desa Mojo, Moch. Rifal Andrianto dari Desa Babakan dan Akhmad Fauzi dari Desa Padang.
11.    Kecamatan Kedungjajang, Siti Maisaroh dari Desa Curahpetung, Nito Adi dari Desa Bandaran dan Mistu dari Desa jatisari.
12.    Kecamatan Pasrujambe, Subaeri (petahana) dari Desa Jambekumbu dan  Samsul (petahana) dari Desa Jambearum.
13.    Kecamatan Klakah, Didik Hermanto dari Desa Sawaran Lor dan Ilahina Kusumawati (petahana) dari Desa Sruni, 
14.    Kecamatan Senduro, Lasmu'i (petahana) dari Desa Pandansari dan Jumanang dari Desa Kandangan.
15.    Kecamatan Rowokangkung, Hariyanto (petahana) dari Desa  Kedungrejo.

Judul berita Hasil Pilkades Serentak di Lumajang: Calon Kades Petahana Masih Dipercaya, Calon Perempuan Banyak Tumbang  .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pilkades Lumajang Pemilihan Kepala Desa

Berita Lainnya