Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Erick Thohir Tekankan Dukungan BUMN ke UMKM sebagai Ujung Tombak Perekonomian

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

27 - Nov - 2021, 17:55

Placeholder
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Bupati Malang HM. Sanusi saat berkunjung di Kabupaten Malang.(Foto:Istimewa)

JATIMTIMES - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakinkan bahwa keberadaan BUMN dalam geliat perekenomian sangat mendukung tumbuh kembang pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Hal itu ditegaskan  Menteri BUMN Erick Thohir saat memimpin rombongan untuk berkunjung ke Kabupaten Malang, Sabtu (27/11/2021). 

Menurut Erick, salah satu dukungan yang diberikan kepada pelaku UMKM di Indonesia yakni dengan mendorong pihak perbankan agar dapat mengambil peran dalam pertumbuhan UMKM. Tentu dengan pembiayaan. 

Baca Juga : Kunjungi Kandang Sapi Digital Pertama Indonesia di Gondanglegi, Ini Kata Menteri BUMN

"Kalau kita lihat perbandingannya soal pembiayaan perbankan antara kita Indonesia dengan negara tetangga Malaysia dan Thailand, itu kurang lebih pembiayaannya 50 persen. Sedangkan kita Indonesia masih 20 persen," ujar Erick. 

Mengingat keberadaan UMKM di Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian. Erick menyebut, untuk dapat mendukung geliat UMKM di Indonesia, Kementerian BUMN juga melakukan berbagai langkah dan upaya. Baik dari segi pembiayaan, akses pasar, maupun pendampingan. 

"Saya rasa kondisi UMKM adalah sesuatu yang harus didorong karena kita mengingat tulang punggung Indonesia adalah UMKM. Untuk itu, kita mendorong pihak perbankan untuk memiliki keberpihakan terhadap UMKM," imbuh Erick. 

Salah satu inovasi Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM adalah dengan meluncurkan website Pasar Digital (Padi) UMKM. Website tersebut menampilkan berbagai produk dan jasa dari seluruh Indonesia yang berbasis UMKM. 

Baca Juga : Menelusuri Kampung Winner, Perpaduan Wisata dan Kuliner yang Hits di Kediri

Menurut Erick, hingga saat ini, sudah asa 10.100 UMKM di bawah BUMN yang terdaftar di Padi UMKM. Ada sebanyak 120 ribu transaksi yang totalnya bernilai hingga Rp 12,4 triliun. 

"Kita ingin memastikan bahwa UMKM bisa menjadi ujung tombak. Jadi, BUMN sangat pro  UMKM. Baik pembiayaan, pendampingan dan juga akses pasar," pungkas Erick. 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy