Tersangka Korupsi Bantuan PKH di Kabupaten Malang Ditahan Kejaksaan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tersangka Korupsi Bantuan PKH di Kabupaten Malang Ditahan Kejaksaan

Nov 27, 2021 17:07
Tersangka Penny Tri saat digelandang petugas Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang. (foto: dokumen Kejaksaan Kabupaten Malang for JatimTIMES)
Tersangka Penny Tri saat digelandang petugas Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang. (foto: dokumen Kejaksaan Kabupaten Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tersangka kasus penyalahgunaan dana bantuan sosial bagi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Penny Tri Herdhianir (28), resmi ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang sejak Kamis (25/11/2021) lalu.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kabupaten Malang Agus Hariyono  penahanan dilakukan setelah dilaksanakan penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik Polres Malang ke penuntut umum Kejari Kabupaten Malang.

Baca Juga : Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021, Bupati Tulungagung Inginkan Suasana Tetap Kondusif dan Damai

“Benar. Perkaranya tindak pidana korupsi pengelolaan uang bantuan program keluarga harapan di Desa Sidorejo dan Desa Kanigoro Pagelaran pada tahun 2017-2020,” ujar Agus. “Terdakwa yang merugikan keuangan negara sebesar kurang lebih senilai Rp 516,6 juta,” imbuh Agus.

Penny menjalani masa penahanan di Rutan Polres Malang selama 20 hari sebelum perkara dilimpahkan ke pengadilan khusus tindak pidana korupsi Pengadilan Negeri Surabaya.

“Alasan penahanan secara objektif berdasarkan dugaan pelanggaran yang dilakukan. Secara subjektif dikhawatirkan akan melarikan diri, mengulangi perbuatannya, dan menghilangkan barang bukti,” jelas Agus.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, kuasa hukum Penny Tri, yakni Didik Lestariyono, mengatakan dalam persidangan mendatang, akan ada upaya pembelaan sebagai langkah hukum. “Kami akan nunggu dilimpahkan ke pengadilan. Baru di pengadilan nanti kami ajukan pembelaan,” ujar Didik.

Dalam hal ini, pihaknya kan menghadirkan saksi untuk memperjelas perkara. “Nantinya, saksi yang meringankan akan diajukan,” imbuh Didik.

Baca Juga : Bapenda Kabupaten Malang Catat Sejumlah WP dan OP Baru

Diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu Satreskrim Polres Malang menetapkan Penny sebagai tersangka kasus penyalahgunaan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Warga Perumahan Joyogrand, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, itu merupakan pendamping program bantuan sosial tersebut.

Dari hasil penyelidikan, Penny diduga menyalahgunakan dana bantuan PKH dilakukan kepada total 37 KPM (keluarga penerima manfaat). Tersangka melakukan aksinya dengan modus operandi penahanan kartu keluarga sejahtera (KKS) hingga melakukan pengurangan bantuan. Sebanyak 16 KPM tidak diberikan KKS sama sekali, 17 KKS diketahui tidak ada di tempat atau telah meninggal dunia dan KKS nya tidak diserahkan, serta 4 KKS hanya diberikan sebagian.

Tersangka mengaku melakukan aksinya untuk membiayai orang tuanya yang tengah menderita diabetes. Uang PKH juga digunakan membeli beberapa peralatan elektronik dan keperluan pribadi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kasus pelanggaran bantuan sosial Kejari Kabupaten Malang

Berita Lainnya