UMK Sumenep Dipastikan Naik, Plt Kadisnaker: Namun Sedikit | Jatim TIMES

UMK Sumenep Dipastikan Naik, Plt Kadisnaker: Namun Sedikit

Nov 25, 2021 13:07
ilustrasi
ilustrasi

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, memastikan akan ada kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Sumenep tahun 2022.

Saat ini, keputusan besaran kenaikan UMK tersebut masih menunggu keputusan gubernur Jawa Timur. "Kamjsudah mengajukan sesuai prosedural yang ada. Ini tinggal nunggu keputusan gubernur. Insya Allah dalam waktu dekat sudah keluar," kata Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Sumenep Didik Wahyudi, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga : Upah Tahun Depan tidak Berubah, Disnaker Kabupaten Malang Minta Buruh dan Perwakilannya Bijak

Menurut Didik, terdapat sejumlah pertimbangan yang menentukan kenaikan UMK. Salah satunya perhitungan UMK berdasarkan formula yang terdapat pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

"Kenaikan pasti ada lah, meski nilainya tidak besar karena terdapat perbedaan peraturan dari tahun sebelumnya," ucap dia.

Lanjut Didik,  penetapan UMK tahun ini berdasarkan formula yang terdapat dalam PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca Juga : Kripik Kulit Ikan Patin Olahan Pasutri Lamongan Segera Dinikmati Presiden Jokowi

Sebelumnya, penentuan UMK menggunakan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. "Selain formula dari PP tersebut, juga terdapat pertimbangan dari BPS, sehingga indikator pemerintah membuat regulasi seperti itu," ujar Didik.

Topik
umk sumenep Pemkab Sumenep Berita Sumenep Upah Minimum Kabupaten

Berita Lainnya