Kebiasaan Baik untuk Menjadi Dewasa | Jatim TIMES

Kebiasaan Baik untuk Menjadi Dewasa

Nov 25, 2021 11:07

JATIMTIMES - Buku ini masuk dalam kategori buku pengembangan diri. Buku pengembangan diri merupakan buku yang sangat cocok dibaca oleh semua kalangan usia terutama pada usia remaja untuk menyiapkan dirinya menjadi dewasa yang matang dan baik. 

Saya menghabiskan waktu membaca buku ini untuk mengisi waktu luang yang ada. Menurut saya buku yang berisi beberapa inspirasi kebiasaan ini bisa mengubah hidup menjadi lebih baik dengan meninggalkan kebiasaan hidup yang lama. 

Baca Juga : Fenomena La Sape di Kongo, Rela Tak Makan hingga Utang Asal Bergaya Mewah

 

Isi buku ini dapat dibaca untuk semua kalangan usia. Dalam buku ini terdapat 60 kebiasaan yang bisa diterapkan pembacanya dalam keseharian, mulai dari kebiasaan baik untuk dirinya hingga kebiasaan baik saat hidup bersosial.

Dalam buku ini tak hanya berisi tulisan saja tetapi juga banyak ilustrasi gambar yang menarik, quotes kehidupan yang terkait pada setiap isinya, dan font tulisan beserta warnanya membuat isi buku lebih bewarna dan tidak membosankan untuk pembacanya. 

Isi :

Buku ini berisi inspirasi beberapa kebiasaan yang tidak biasa, kebiasaan didalamnya merupakan kebiasaan baik untuk dilakukan. Dimulai dari kebiasaan untuk dirinya sendiri dan kebiasaan saat kita hidup bersosial masyarakat. Manusia sebagai makhluk sosial harus dapat memposisikan dirinya saat hidup bermasyarakat. Buku ini bagus untuk bahan referensi pembacanya karena didalamnya memuat banyak kebiasaan baik yang dapat dilakukan pembaca.

Saya akan membahas mulai dari materi pertama yang membahas tentang manusia menjadi makhluk sosial, dari materi pertama telah ada ilustrasi gambar dan quotes yang membuat bukunya semakin menarik untuk dibaca. Saat lahir menjadi makhluk sosial maka seseorang haruslah mengenali dirinya sendiri sebelum  bersosialisasi. Saat seseorang telah beranjak dewasa maka harus bisa keluar dari zona nyaman dan saat bertindak dalam kesehariannya tidak boleh setengah- setengah. Penulis juga memotivasi pembaca untuk percaya diri. Disini terdapat tips bagaimana meningkatkan kepercayaan diri.

Kita juga harus bisa memimpin, memiliki jiwa visioner, bekerja sama, dan murah senyum. Murah senyum akan membawa pribadi seseorang menjadi dianggap ramah dan baik hati dimata orang lain. Saat kita sudah menjadi pribadi yang ramah, tak lupa juga kita harus membiasakan rendah hati saat bersosialisasi dengan orang lain. Pada bab ini penulis menuliskan manfaat dari senyuman. 

Menuju bab 11 terdapat sebuah jeda yang berisi materi lain untuk menjadi selingan pembaca. Materi pada bagian jeda berbentuk sebuah cerita yang dapat membawa inspirasi pembacanya. Saya memperhatikan bahwa setelah pembahasan 5 bab maka akan ada satu jeda didalamnya hingga akhir bab.

Kebiasaan berikutnya adalah membuat orang lain semangat, menyemangati orang lain ini tidak harus menjadi seorang motivator, cara mudah yang dapat dilakukan yaitu dengan mengatakan kalimat yang bisa membuat orang lain semangat saat kita berjumpa dengan dia. Tips selanjutnya yaitu seseorang haruslah berpikir yang positif, karena seluruh tindakan dan kebiasaan yang dikerjakan asalnya dari pikiran kita.

Tips selanjutnya yaitu selalu belajar, seseorang harus selalu belajar agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman yang semakin maju setiap harinya. Saat perkembangan zaman seperti sekarang ini kita harus bisa terbuka dengan segala masukan yang ada, ini dapat menjadikan kita sukses dikemudian hari karena kritikan dapat membenahi hal yang salah pada diri sendiri. Selalu membuka diri dan menyesuaikan diri pada perkembangan dan perbedaan yang ada ditengah masyarakat untuk bisa hidup aman dan harmonis.

Tidak lupa penulis juga memberikan tips supaya kita hidup jujur, bertanggung jawab, toleransi pada perbedaan, kreatif dan semangat, dan hidup yang gigih. Pada bab 22 penulis memberikan materi yang menarik yaitu menghindari 8M, setelah membaca apa itu 8M maka saya terinspirasi untuk menghindarinya, saya sadar selama ini saya masih sering melakukannya.

Baca Juga : Perjuangan Meraih Harapan Hidup Lebih Baik

 

Untuk menjadi seseorang yang sukses, maka harus bisa membiasakan diri untuk selalu disiplin, memerangi rasa takut, dan menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Disini juga ada tips bagaimana supaya bisa sukses berbicara di depan umum. Komunikasi menjadi hal penting untuk membangun kesuksesan.

Masih terdapat beberapa kebiasaan lainnya yang diberikan penulis yang sangat menginspirasi pembacanya untuk melaksanakannya supaya dapat hidup aman, nyaman, sukses, dan dapat hidup bersosial yang baik. Tak lupa penulis juga menuliskan bab tentang menjaga keharmonisan dengan sesama untuk dapat hidup bersosial yang baik.

Kelebihan dan Kelemahan :

Kelebihan buku :

  • Banyak materi yang berisi kebiasaan baik yang menginspirasi untuk dilakukan.
  • Isi materi yang to the point sesuai judulnya sehingga tidak membosankan untuk dibaca.
  • Buku yang dilengkapi ilustrasi gambar, tampilan font yang berbeda, dan tata tulis serta warna penulisan yang bewarna membuat pembaca tertarik untuk membacanya.

Kekurangan  buku :

  • Kertas buku yang bukan hvs menyebabkan pembacanya menjadi cepat letih saat membaca.
  • Terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan misalnya “pokonya kenali diri kita dulu deh” yang seharusnya pokoknya kenali diri kita dulu deh.
  • Penulisan kata yang miring biasanya dipakai untuk kata dalam bahasa asing, tetapi disini banyak terdapat kata dalam bahasa indonesia yang ditulisnya miring. Misalnya : “ nah, kok, ya”  dan lainnya.

Penutup :

Saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca teman-teman, karena buku ini berisi cara membiasakan diri agar menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Ditambah saat ini kita sedang dalam masa peralihan ke dewasa sehingga kita harus membiasakan berperilaku yang baik dan meninggalkan kebiasaan yang buruk untuk mencapai kesuksesan kita.

 


Nama                           : Cyntia Deta Fernanda 
Mahasiswa                  : Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas                       : Ilmu Kesehatan
Prodi                           : S1 Farmasi
Dosen Pembimbing    : Dr. Daroe Iswatiningsih, M.Si

Topik
ruang mahasiswa

Berita Lainnya