Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Pemulihan Ekonomi Sektor Pertanian, DKPP Tuban Distribusikan Alat Pengolah Pupuk Organik

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : A Yahya

19 - Nov - 2021, 19:15

Placeholder
Satu set bantuan Chopper, dan kendaraan roda tiga, saat diserahkan DKPP Tuban kepada Poktan (19/11/2021)(Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban menyerahkan 9 unit alat bantuan Program Pengembangan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) kepada sembilan kelompok tani di Kabupaten Tuban, Jum’at, (19/11/2021).

Kepala Bidang Perkebunan dan Holtikultura DPKP Kabupaten Tuban Lamidi mengatakan sembilan paket bantuan terdiri satu set bantuan berupa satu buah chopper, satu kendaraan roda tiga, serta satu unit pembangunan rumah kompos, diberikan masing kepada kelompok tani yang telah mengusulkan.

Baca Juga : Serangan Babi Hutan Hantui Petani Bawean

“Kelompok tani yang dipilih merupakan Poktan yang telah memiliki embrio atau pernah dan berpotensi melakukan produksi pupuk organik,” beber Lamidi.

Satu set bantuan masing – masing bernilai Rp 180 juta hingga Rp 200 juta berasal dana Perubahan APBD tahun 2021, disalurkan  Poktan di 6 kecamatan yakni Palang, Widang, Rengel, Semanding, Soko, dan Jenu. Sedangkan untuk dana APBD tahun 2021 untuk tiga set bantuan untuk Poktan di kecamatan Tambakboyo, Kenduruan, dan Grabagan.

Lamidi menambahkan, program UPPO telah diadakan tahun 2020 bertujuan mengubah pola pikir petani yang selama ini menggantungkan pada pemakaian pupuk pabrikan atau anorganik, agar beralih ke pemakaian pupuk organik yang dapat diproduksi sendiri.

“Ini penting, sebab dari segi harga, pupuk unorganik lebih mahal dan terbatas. Pemerintah pusat juga telah mengurangi jatah subsidi pupuk maupun jumlah pupuk non subsidi tiap tahunnya,” terang Lamidi.

Lanjut Lamidi, agar semakin banyak petani memproduksi dan menggunakan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan dan mulai maksimal dalam memanfaatkan limbah ternak. Kolaborasi antara pertanian dan peternakan akan menciptakan ekosistem tani lebih menguntungkan dan berkesinambungan. “Program ini akan selalu ada tiap tahun, agar banyak petani yang beralih ke pupuk organik,” sambungnya.

Baca Juga : RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Manfaatkan DBHCHT untuk Peningkatan Pelayanan Pasien

Selain itu, Program bantuan tersebut sejalan visi misi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky perihal meningkatkan kesejahteraan petani melalui nilai tambah. Untuk itu, bantuan program UPPO diharapkan dapat mendorong petani memproduksi pupuk organik, juga digunakan secara mandiri, serta menciptakan produk pupuk organik yang bisa dijual. “Kita mendorong petani untuk memproduksi pupuk organic untuk dijual, sehingga memiliki nilai tambah,” tutup Lamidi. 

 


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

A Yahya