Dorong Lahirnya Wirausahawan Baru, DPRD Kabupaten Blitar Dukung Program Pemberdayaan Masyarakat | Jatim TIMES

Dorong Lahirnya Wirausahawan Baru, DPRD Kabupaten Blitar Dukung Program Pemberdayaan Masyarakat

Nov 18, 2021 16:20
Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito.(Foto : Team JATIMTIMES)
Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito.(Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Kalangan wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar mendukung penuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk program pemberdayaan masyarakat. Dewan menilai pemberdayaan masyarakat sama pentingnya dengan pembangunan infrastruktur.

“Kami sangat mendukung Pemkab Blitar melalui dinas terkait untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat. Program-program sosial pemberdayaan ini sama pentingnya dengan program fisik. Program pemberdayaan khususnya pelatihan merupakan cara mengangkat perekonomian dengan melahirkan wirausahawan baru,” kata Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito.

Baca Juga : Kapolres Jember Ingatkan Arti Kata Penting kepada Komunitas Jurnalis Independen Jember

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menilai program pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Dengan pemberdayaan, diharapkan pula setelah pandemi berakhir masyarakat akan memiliki skill sebagai modal sosial untuk berwirausaha.

“Kasus Covid-19 terus menurun dan sekarang program kegiatan pemberdayaan di OPD sudah mulai berjalan. Nah, ini adalah kesempatan untuk melanjutkan pembangunan masyarakat,” kata Suwito.

Lebih dalam Suwito menyampaikan, dalam melaksanakan program pemberdayaan tentu dibutuhkan anggaran APBD. Dalam hal ini DPRD akan memberikan dukungan penuh. Hanya saja dia berpesan agar program yang dilaksanakan benar-benar realistis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu lanjut Suwito, program pemberdayaan yang dilaksanakan harus benar-benar sesuai dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Blitar. Sebagaimana diketahui Kabupaten Blitar memiliki potensi luar biasa di sektor pertanian, peternakan dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga : Tradisi Bomena di Bhutan, "Berburu Anak Gadis" Tengah Malam untuk Disetubuhi

“Pelatihan yang dilaksanakan harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kabupaten Blitar ini kan masyarakatnya beragam. Ada petani, peternak, UKM dan lainnya. Semuanya harus tersentuh program pemberdayaan dari OPD terkait,” pungkas Suwito.

Topik
Berita Blitar DPRD Kabupaten Blitar suwito

Berita Lainnya