Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu Multiyears, Akhir Tahun Tersedia Rp 19 Miliar

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

14 - Nov - 2021, 19:25

Placeholder
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: JatimTIMES)

JATIMTIMES - Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu harus dilaksanakan pada akhir 2021. Dalam pembangunannya dilakukan secara bertahap atau multiyears. Di akhir tahun ini, anggaran yang sudah disediakan oleh pemerintah pusat sejumlah Rp 19 miliar. Dari anggaran keseluruhan Anggaran Pendapatan Belanda Nasional (APBN) senilai Rp 200 miliar untuk revitalisasi Pasa Besar Kota Batu.

“Di akhir tahun 2021 ini, anggaran Rp 19 miliar sekian sudah disediakan. Sehingga harus segera diserap,” ucap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Eko Suhartono.

Baca Juga : Permintaan Evakuasi Binatang Cukup Tinggi, PPK Kabupaten Malang Usulkan Kelengkapan Alat

Mengapa anggaran tidak digelontorkan seluruhnya, lanjut Eko, sebab pembangunan yang dilakukan pada akhir 2021 hingga 2022 atau selama 16 bulan. “Akhir bulan sudah ditetapkan pemenang lelangnya, dan itu sudah ditetapkan jadwalnya,” ucap Eko.

Eko pun meminta kepada pedagang agar tidan khawatir akan revitalisasi Pasar Kota Batu. Sebab anggaran sudah tersedia. “Jangan membandingkan dengan daerah lain. Dana sudah tersedia, jangan ada rasa khawatir,” jelas Eko.

Sementara itu, relokasi pedagang sudah dilakukan oleh pedagang buah di pasar sayur. Kemudian pedagang pasar pagi di Stadion Gelora Brantas. Sedangkan sisanya, masih menunggu proses pembangunan kios semi permanen selesai dilakukan di luar Stadion Brantas. Totalnya sudah terdapat 1.136 kios semi permanen.

Setelah pembangunan kios semi permanen, pedagang bakal di relokasi di tempat tersebut. Dengan demikian nantinya pedagang harus menempati bedak relokasi di area Stadion Brantas Kota Batu selama 16 bulan. Hingga proses pengerjaan revitalisasi Pasar Besar Kota Batu selesai. Selama 16 bulan, para pedagang tidak dikenakan biaya sewa alias gratis.

Baca Juga : Becek, Pedagang Pasar Pagi Keluhkan Area Relokasi Stadion Brantas

Selain bebas dari biaya sewa, pedagang juga tidak perlu membayar biaya listrik hingga air. Karena semua sudah ditanggung oleh Pemkot Batu. Sehingga para pedagang hanya tinggal menempati bedak relokasi. Berbagai fasilitas tengah disiapkan. Di antaranya mandi, cuci, kakus (MCK) sebanyak 16 unit, listrik dan air bersih. Seluruhnya biaya ditanggung oleh Pemkot Batu. Kemudian lahan area parkir juga sudah disiapkan, yakni di kawaan Stadion Timur, samping GOR Gajah Mada, terusan Jalan M. Sahar, dan area parkir akses masuk Jatim Park 1 serta Jalan Sultan Agung.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana