Dosen FIP UM Gembleng 40 Guru SD Lab Agar Jadi SDM Unggul | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dosen FIP UM Gembleng 40 Guru SD Lab Agar Jadi SDM Unggul

Nov 09, 2021 18:50
Fakultas Ilmu Pendidikan UM (Foto : Istimewa)
Fakultas Ilmu Pendidikan UM (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Guru merupakan faktor terpenting yang sangat menentukan kesuksesan peningkatan mutu sekolah dan prestasi peserta didik. 

Guru yang efektif diperlukan untuk menjamin bahwa sekolah mampu menyajikan layanan bermutu bagi semua peserta didik, melalui pendayagunaan segala sumber daya secara efektif dan efisien. 

Baca Juga : 3 Paradoks Penanganan Covid-19 di Refleksi Akhir Tahun FISIP UB

 

Sebab, bagaimanapun banyaknya atau ketersediaan sumber daya yang ada disekolah semuanya akan sia-sia bilamana tidak didayagunakan secara efektif dan efisien oleh guru atau pendidik.

Guna membantu guru mencapai keunggulan sekolah dan prestasi siswa, tim dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Ahmad Nurabadi, M.Pd, bersama Dr. Muh. Arafiq, M.Pd, dan Dedi Prestiadi, M.Pd menggelar pelatihan penguatan kompetensi guru sekolah laboratorium UM. 

Pelatihan dilaksankan secara daring dan diikuti sebanyak 40 Guru dari Sekolah Dasar Lab. UM, yang diselenggarakan pada Sabtu (24/7/2021) sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat.

“Kami tidak bosan-bosan untuk terus mendampingi para guru dan kepala sekolah di Kota Malang agar mampu mengembang sistem belajar mengajarnya mengikuti perkembangan zaman dan perubahan psikologis peserta didik,” jelas Ahmad Nurabadi, ketua tim dosen UM belum lama ini. 

Sesi pertama diawali pembukaan dari kepala sekolah SD Lab UM, ibu Siti Nafi’ah, S.Pd. Selanjutnya dilanjutkan dengan paparan materi oleh Ahmad Nurabadi mengenai kompetensi unggul guru di era RI 4.0. Arda Purnama selaku pemateri kedua menyampaikan materi tentang pengembangan media pembelajaran online.

Baca Juga : Rohana Kudus, Wartawan Perempuan Pertama di Indonesia, Ini Kontribusinya untuk Para Wanita

 

Diakhir sesi, Kepala SD Lab. UM, Siti Nafi’ah mengapresiasi pelaksanaan program itu karena sangat membantu kepala sekolah dan guru dalam mencapai tujuan sekolah serta mampu meningkatkan kompetensi guru.

“Kami sungguh mengapresiasi bimbingan dari tim dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UM kepada para guru di sekolah. Kami berharap ilmu yang diajarkan bisa kami implementasikan dalam proses belajar mengajar di sekolah,” ujar Siti Nafi’ah.  

Pelatihan penguatan kompetensi guru sekolah laboratorium ini  diharapkan terus berlanjut guna meningkatkan kapasitas guru sekolah dasar di Kota Malang khususnya di sekolah lab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Fakultas Ilmu Pendidikan UM Universitas Negeri Malang (UM)

Berita Lainnya