05/02/2023 Update Capaian Vaksinasi Kota Malang, Akhir 2021 Ditarget Rampung | Jatim TIMES

Update Capaian Vaksinasi Kota Malang, Akhir 2021 Ditarget Rampung

Nov 01, 2021 21:08
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Balai Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Balai Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menargetkan program vaksinasi bagi masyarakat umum, tenaga kesehatan hingga masyarakat lanjut usia (lansia) tuntas di tahun 2021. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, vaksinasi bagi masyarakat umum untuk dosis satu sudah mencapai 94,17 persen dan dosis dua sudah mencapai 71 persen.

Baca Juga : Anak Tahun 80-an Pasti Ingat, Kisah Siswa Zaman Old Ganti Kancing dengan Peniti yang Tak Terlupakan

Sedangkan vaksinasi dosis tiga atau booster yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang saat ini sudah mencapai 95 persen.

Program percepatan vaksinasi yang terus digencarkan juga menyasar masyarakat dalam kategori lansia. Terlebih lagi vaksinasi pada lansia juga sebagai salah satu indikator penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Husnul yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang ini menyebut, vaksinasi terhadap masyarakat lansia di Kota Malang saat ini sudah mencapai 52,76 persen. 

Persentase tersebut sudah hampir mencapai syarat minimal penurunan level PPKM yakni minimal 60 persen lansia sudah harus mendapatkan vaksin dosis satu. Namun dalam berjalannya program vaksinasi bagi lansia, Husnul menyebut terdapat beberapa kendala.

"Lansia kendalanya pada kondisi tubuh dan penyakit bawaan," ujar Husnul kepada JatimTIMES.com, Senin (1/11/2021). 

Lebih lanjut untuk capaian vaksinasi dosis satu bagi 45 ribu pelajar SD dan SMP yang ada di Kota Malang sudah mencapai 99 persen. Namun untuk dosis dua masih di angka lebih dari 50 persen. Untuk satu persen di dosis satu terkendala penyakit bawaan yang diderita oleh para siswa.

Sedangkan untuk pelajar SMA Husnul mengaku belum menerima laporan dari pihak Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu untuk capaian vaksinasi bagi siswa SMA di Kota Malang. 

Baca Juga : PCR Jadi Syarat Perjalanan Darat, Ini Kekhawatiran Perusahaan Otobus

"Semuanya (vaksinasi) kita targetkan selesai tahun ini (2021)," tutur Husnul. 

Sementara itu, untuk Vaksin Covid-19 jenis Pfizer saat ini sudah mulai digunakan di Kota Malang. Husnul menyebut Kota Malang memiliki stok hampir 30 ribu dosis. Di mana vaksin Pfizer diperuntukkan bagi masyarakat umum Kota Malang. 

"Itu sudah datang dan sudah dimulai tanggal 25 Oktober kemarin di transmart itu, semua (stok dosis) sudah di pegang sama pelaksana di transmart," terang Husnul. 

Lebih lanjut, Husnul mengaku untuk program percepatan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun serta vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat umum di Kota Malang, pihaknya mengaku masih belum ada regulasi. 

"Belum ada petunjuk dan regulasi (anak dibawah 12 tahun dan booster untuk masyarakat umum)," pungkas Husnul.

Judul berita Update Capaian Vaksinasi Kota Malang, Akhir 2021 Ditarget Rampung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Vaksinasi Kota Malang

Berita Lainnya