5 Cara Makan Semangka yang Baik Menurut Ajaran Nabi Muhammad SAW | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

5 Cara Makan Semangka yang Baik Menurut Ajaran Nabi Muhammad SAW

Oct 29, 2021 08:52
Semangka (Foto: Večernji.hr)
Semangka (Foto: Večernji.hr)

JATIMTIMES - Buah semangka menjadi salah satu makanan favorit dari Nabi Muhammad SAW. Bahkan Nabi Muhammad SAW punya cara terbaik saat mengonsumsi semangka agar mendapat manfaatnya.

Seperti diketahui, Nabi Muhammad SAW adalah suri teladan yang baik untuk umat muslim. Beliau selalu mengajarkan cara hidup baik, termasuk soal pola makan dalam sehari-hari.

Baca Juga : Peternak Desa Olehsari Ikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Hewan Sistem Fermentasi

Tak cuma menganjurkan untuk memakannya, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan tentang cara-cara yang baik saat mengonsumsi buah semangka agar mendapat manfaat dan keberkahan.

Berikut 5 cara Nabi Muhammad SAW makan semangka:

1. Makan semangka dibarengi kurma

Seperti yang diriwayatkan oleh Aisyah, ia berkata: "Sesungguhnya Nabi SAW sering makan Al-Biththikh disertai ruthab," (HR. at-Tirmidzi no.1843).

Dalam hal itu, Ibnu Qayyiim berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Al-Biththikh adalah semangka yang berkulit hijau. Bukan melon yang bahasa Arabnya sama seperti semangka.

Sementara ruthab adalah kurma yang juga buah favorit Nabi Muhammad SAW. Jadi buah semangka dikonsumsi berbarengan dengan kurma.

2. Semangka bersifat mendinginkan

Ada alasan tersendiri mengapa Nabi Muhammad mengonsumsi semangka berbarengan dengan buah kurma. Hal itu dilakukan karena buah semangka yang memiliki sifat dingin.

Sementara kurma memiliki sifat panas. Jadi, panas yang ditimbulkan dari kurma bisa didinginkan dengan makan semangka. Begitu pun sebaliknya.

Sifat dingin semangka dikarenakan tingginya kadar air dalam buah semangka. Karenanya buah semangka bisa menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

3. Baik dikonsumsi sebelum makan

Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa buah semangka dapat dicerna dengan cepat oleh lambung. Semangka juga cepat mengalami perubahan saat bercampur dengan zat-zat lain di lambung.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah semangka sebaiknya dilakukan sebelum makan besar. Secara medis, cara makan semangka ini bisa membersihkan perut dan menjauhkan dari penyakit.

Baca Juga : SMK Kesehatan Mulia Husada Sumenep Layani Chek Up Gratis kepada Warga Pangarangan

Sementara jika terlalu banyak mengonsumsi semangka setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Karenanya harus menunggu beberapa waktu setelah makan untuk mengonsumsi semangka.

4. Makan dari sisi kanan

Cara Rasulullah SAW saat makan semangka selanjutnya yakni dimulai dari sebelah kanan. Cara ini pernah dipraktekkan oleh seorang ulama Mesir bernama Syaikh 'Ala Ala Muhammad Musthofa Na'imah.

Buah semangka dan sejenis semangka lainnya dimakan dari bagian sebelah kanan terlebih dahulu. Saat sudah tersisa sebelah kiri kemudian diputar agar menjadi sisi kanan.

Setelah itu, barulah Rasulullah kembali memakan buah semangka. Jadi, beliau tetap memakan buah semangka dari sisi bagian kanan. 

Seperti yang telah diajarkan selama ini bahwa kanan adalah sisi yang baik.

5. Manfaat buah semangka

Semangka adalah buah yang kaya kandungan air. Di dalam buah semangka menyimpang kandungan air sebanyak 90%. 

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, B6 dan C. Tak heran jika buah semangka bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Seperti menjaga kesehatan kulit, penglihatan dan gigi.

Selain itu terdapat pula kandungan magnesium dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang serta pertumbuhan otot dan saraf. Semangka juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
buah semangka Nabi Muhammad SAW

Berita Lainnya