07/02/2023 Tahap Finalisasi, Ranperda Pengarusutamaan Gender Kabupaten Trenggalek Segera Disahkan | Jatim TIMES

Tahap Finalisasi, Ranperda Pengarusutamaan Gender Kabupaten Trenggalek Segera Disahkan

Oct 27, 2021 18:42
Situasi rapat kerja yang dilakukan antara Panitia Khusus III DPRD Trenggalek bersama OPD mitra
Situasi rapat kerja yang dilakukan antara Panitia Khusus III DPRD Trenggalek bersama OPD mitra

Pewarta: Ganez Radisa Yuniansyah | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengarusutamaan Gender pada akhirnya sudah masuk tahap finalisasi. Finalisasi dilakukan oleh seluruh anggota Panitia Khusus DPRD Trenggalek bersama OPD terkait yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ketua Panitia Khusus III DPRD Trenggalek Mugianto menjelaskan, ranperda insiatif Pemerintah Daerah ini dibuat untuk mengatur kesetaraan gender. Sehingga, nantinya jika Ranperda Pengarusutamaan Gender sudah jadi, perempuan bisa ikut dalam pembangunan daerah.

Baca Juga : Tak Jalankan RBA, Komisi IV DPRD Trenggalek Minta Perangkat Daerah Konsisten

"Kali ini kita melakukan finalisasi terhadap Ranperda Pengarusutamaan Gender untuk Kabupaten Trenggalek. Jadi nanti jika Perda sudah jadi dan disahkan oleh Bupati, perempuan bisa ikut andil dalam pembahasan pembangunan daerah," terangnya, Rabu (27/10/2021).

Dijelaskan Mugianto, pembentukan Ranperda ini dibuat untuk memberi kesempatan pada kaum perempuan atau kaum disabilitas untuk berperan aktif dalam merencanakan pembangunan di daerah. 

"Kita tadi juga menyamakan persepsi agar nantinya Perda ini benar-benar bisa diimplementasikan dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Trenggalek," tambahnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa setelah difinalisasi, draft Ranperda Pengarusutamaan Gender bakal di kirim ke Gubernur Jatim untuk fasilitasi. Jika sudah selesai di revisi Gubernur, Ranperda bisa langsung diparipurnakan.

Baca Juga : Gebyar Sadar Pajak, Makan dan Menginap di Kota Malang Berkesempatan Menangkan Undian Mobil

"Alhamdulillah pembahasan sudah rampung, setelah ini tinggal kita ajukan ke Gubernur untuk difasilitasi," pungkas politisi asal Partai Demokrat ini.

Judul berita Tahap Finalisasi, Ranperda Pengarusutamaan Gender Kabupaten Trenggalek Segera Disahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kesetaraan Gender ranperda kesetaraan gender

Berita Lainnya