Menuju Musrenbang 2022, Bappeda Rekrut Masyarakat Umum Jadi Laskar Perencana | Jatim TIMES

Menuju Musrenbang 2022, Bappeda Rekrut Masyarakat Umum Jadi Laskar Perencana

Oct 14, 2021 17:11
Suasana rekrutmen Laskar Perencana Bappeda Kota Malang di Mini Block Office, Kamis (14/10/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana rekrutmen Laskar Perencana Bappeda Kota Malang di Mini Block Office, Kamis (14/10/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Proses perekrutan Laskar Perencana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang tahun ketiga kembali digelar. Kali ini, setidaknya sebanyak 79 peserta yang terdiri dari perwakilan masyarakat di 57 Kelurahan dan 5 Kecamatan Kota Malang menjalani proses seleksi tahap pertama.

Di tahap awal ini, peserta menjalani tes wawancara yang dilangsungkan hari ini (Kamis, 14/10/2021) di Mini Block Office. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Bappeda Kota Malang menyiapkan 5 tim khusus untuk proses seleksi tersebut.

Baca Juga : Jika Digelar Masa Pandemi, KPU Kabupaten Malang Butuh Anggaran Pemilu Rp 100 Miliar

Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kota Malang M. Anis Januar menyampaikan, proses rekrutmen Laskar Perencana kali ini dilakukan lebih ketat. Yakni, dengan membuat pengumuman kepada Kelurahan dan Kecamatan untuk mengirimkan masyarakatnya terlibat langsung.

Alasannya, karena yang lolos akan menjadi pendamping dalam penyusunan dokumen Musrenbang. "Ini proses seleksi pendamping perencanaan atau Laskar Perencana untuk kelurahan dan kecamatan. Di tahapan pertama ini, wawancara ataupun seleksi terkait dengan laskar perencana yang mendampingi proses Musrenbang RKPD di th 2023 maka untuk tahun 2022 besok ini," ujar M. Anis Januar.

Beragam hal ditanyakan dalam proses seleksi  wawancara kali ini. Seperti, hal-hal untuk mengetahii kepribadian, pengalaman, background pendidikan,  hingga keterlibatan calon Laskar Perencana ini dalam kegiatan masyarakat.

Hal ini dipastikan betul guna memastikan peserta mampu dalam mendampingi proses Musrenbang baik di tingkat Kelurahan dan Kecamatan nantinya. "Karena kita mau Laskar Perencana harus mendampingi proses perencanaan pembangunan mulai dari rembug RW, pra Musrenbang Kelurahan, kemudian Musrenbang Kelurahan sampai dengan Musrenbang di Kecamatan," terang M. Anis Januar.

Proses seleksi dikatakan Anis, melalui beberapa tahapan. Peserta yang lolos seleksi tahap ini juga masih harus menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek). Dalam hal ini peserta akan dibekali pengetahuan apa yang harus dilakukan dalam memberikan pendampingan penyusunan Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan.

Baca Juga : Kantor Bea Cukai Probolinggo Kenalkan Pita Cukai Rokok 2021 di Lumajang

"Setelah Bimtek baru mereka akan paham apa yang dilakukan itu dan turun ke kelurahan ataupun kecamatan," kata M. Anis Januar.

Masa rekrutmen ini menurutnya, ditargetkan tuntas pada bulan November 2021 mendatang. Sehingga, peserta di bulan ini juga sudah bisa terjun langung ke masing-masing wilayahnya dalam memberikan pendampingan langsung. "Bulan November mereka terjun pendampingan di masyarakat. Mulai di proses Rembug RW dan Musrenbang Kelurahan untuk proses Musrenbang RKPD tahun depan," pungkas M. Anis Januar.

Topik
Laskar Perencana Bappeda Kota Malang m anis januar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang

Berita Lainnya