Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

HUT ke-44 Pasar Modal, OJK Dukung Penanganan Covid-19

Penulis : M. Nur Ali Zulfikar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Oct - 2021, 21:53

Placeholder
Wimbo saat menyerahkan bantuan secara simbolis (foto: M. Nur Ali Zulfikar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ketua Dewan Komisioner OJK (otoritas jasa keuangan), Wimboh Santoso melakukan kunjungan, penyaluran bantuan dan vaksinasi di Pondok Pesantren Matholi'ul Anwar Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jum'at (8/10/2021). 

Kunjungan dalam rangka peringatan HUT ke 44 Pasar Modal itu juga dihadiri Self Regulatory Organization (SRO) pasar modal yakni PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring dan Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), serta PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Baca Juga : Kasus Covid-19 di Jombang Menurun, Ruang Isolasi RS Mulai Dikurangi

Selain berkomitmen membangun industri pasar modal yang tangguh dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, kunjungan tersebut juga dalam rangka mendukung pemerintah dalam pengendalian pandemi Covid-19. Bantuan yang diberikan berasal dari penggalangan dana fee transaksi. 

Wimboh mengatakan, tema yang diangkat kali ini adalah "Sinergi Pasar Modal Bagi Pemulihan Ekonomi". Di mana seluruh pendapatan dari transaksi bursa dan jasa kustodian sentral dikonversi menjadi dana CSR (Corporate Social Reaponbility) untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

"Bantuan ini untuk pendirian sentra vaksinasi, bantuan untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19, pengadaan konsentrator oksigen, oksimeter, donor plasma, santunan untuk ahli waris tenaga kesehatan yang gugur karena Covid, dan bantuan untuk petugas pemakaman, ambulan, dan lain-lain," katanya

Wimboh berkomitmen untuk terus membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. Dia berharap kegiatan ini mampu memberi kemanfaatan, utamanya dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Pihaknya juga menegaskan, bahwa nantinya herd immunty atau kekebalan kelompok bisa mencapai target 80 persen sesuai dengan ketentuan WHO.

"Semoga tidak ada kasus baru lagi, sehingga kita bisa bersilaturahim, bisa menjalani aktivitas keagamaan, aktivitas sosial, dan memberi kemanfaatan kepada umat seperti hari ini di Ponpes Matholiul Anwar. Kami juga memohon kepada berbagai pihak yang saat ini kondisi kantong-kantonnya belum ada vaksin untuk segera melaporkan, biar kami distribusikan," imbuhnya.

Wimboh menerangkan bahwa, OJK telah mengeluarkan sejumlah kebijakan, di antaranya pendalaman pasar, memberikan kemudahan terhadap UMKM, peningkatan perlindungan kepada investor dan penegakan hukum.

Baca Juga : As Roda Belakang Lepas, Truk Ambruk dan Tutupi Jalan Raya Malang-Surabaya

"Pemerintah bersama OJK akan mendorong pengembangan usaha mikro syariah serta pemberdayaan masyarakat sekitar pesantren. Pondok Pesantren yang selama ini fokus pada akidah dan dakwah pendidikan, untuk dapat mengoptimalkan perannya dalam dakwah ekonomi," terangnya.

Pengasuh PP Matholiul Anwar, KH Ahmad Taufik menyampaikan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada segenap pihak yang telah menggelar kegiatan tersebut. Pihaknya juga berharap, berbagai jenis usaha yang ada di PP Matholiul Anwar ini bisa terdorong untuk bisa mengoptimalkan perannya dalam dakwah ekonomi.

"Di Ponpes ini banyak jenis usaha, barangkali ada bantuan atau donasi bisa dimasukkan ke PP Matholiul Anwar. Selain itu, di sini juga ada lembaga formal dan lembaga pendidikan diniyah. Terimakasih kepada semua pihak yang membantu, semoga ini bermanfaat bagi semua," tuturnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan juga dilakukan penyerahan santunan secara simbolis kepada 10 anak yatim, bantuan alat kesehatan kepada klinik PP Matholiul Anwar senilai Rp 37 juta dan santunan kepada 94 keluarga tenaga kesehatan Jawa Timur senilai Rp 1,12 milyar.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Nur Ali Zulfikar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni