Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tuban Nol Kasus Positif Covid maupun Meninggal, Vaksinasi Masih Kisaran 25 Persen

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Yunan Helmy

02 - Oct - 2021, 14:24

Placeholder
Vaksinasi di wilayah Kabupaten Tuban (02/10/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES -  Kabupaten Tuban mencatat nol kasus positif  covid-19 maupun meninggal pada Jumat 1 Oktober 2021. Hari itu juga, tercatat 12 pasien dinyatakan sembuh dari paparan virus covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Tuban Bambang Priyo Utomo menjelaskan bahwa pencapaian nol kasus baru baru terjadi Jumat itu.  Padahal,   selama tiga  sebelumnya, kasus positif baru masih terus muncul di kisaran 2-15 kasus.  "Kadang dua kasus, tujuh kasuh,  hingga 15 kasus terkonfirmasi positif corona," kata Bambang, Sabtu (02/10/2021) 

Baca Juga : Pemerintah sedang Kaji Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Total kumulatif kasus covid-19 di Tuban sampai hari ini Sabtu (02/10),  angka positif mencapai 7.399 orang, terkonfirmasi sembuh 6.428 orang,  meninggal 923 orang, dan masih dirawat/dipantau 48 orang.

Pasien yang masih di rawat berada di RSUD R Koesma 11 orang, RSNU 2 orang, RS Medika 1 orang, RS luar 10 orang. Sedangkan  yang menjalani isolasi terpusat (isoter) 24 orang.

Seiring melandainya kasus covid itu, Pemkab Tuban terus menggulirkan vaksinasi dan pengetatan penerapan protokol kesehatan 5M. Yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan,  serta membatasi mobilitas. 

Sementara pihak TNI dalam hal ini Kodim 0811 Tuban telah menuntaskan program vaksinasi bagi kalangan pelajar dan tenaga pendidik serta santri pondok pesantren dalam sepekan. Pada pelaksanaan di perdesaan wilayah kecamatan se-Kabupaten Tuban, TNI melibatkan bidan desa untuk penyuntikan 15 ribu dosis vaksin jenis Sinovac.

“Kodim 0811 dan  jajaran melibatkan bidan desa (tenaga kesehatan) saat penyuntikan bagi kalangan pelajar dan pengelola ponpes di Tuban. Dan suntik vaksin telah disimulasikan di beberapa titik sekolah dalam kurun waktu sepekan 15 ribu vaksin selesai,” imbuh Bambang 

Baca Juga : Sebanyak 1.126 RT di Kota Batu Masuk Zona Hijau, Zona Kuning hanya 12 RT

Di sisi lain, meski telah menggulirkan vaksinasi, Pemkab Tuban masih terkendala stok ketersediaan vaksin yang berimbas membentuk terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity. Sehingga vaksinasi  dosis pertama baru 25 persen dan dosis kedua baru 12 persen.

Oleh sebab itu, sebelumnya Dandim Tuban Letkol Viliala Romadhon mengaku siap bekerja keras dalam percepatan vaksinasi. Dia menyebutkan seandainya Tuban digulirkan 1 juta dosis vaksin, pihak TNI sanggup menghabiskan kurun waktu satu bulan.

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Yunan Helmy