Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kerap Terlupakan, Rumah Sedekah NU Bersama JatimTIMES dan Para Donatur Beri Bantuan Tukang Gali Kubur

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

22 - Sep - 2021, 20:40

Placeholder
Rumah Sedekah NU bersama Jatim Times, Lazisnu Jatim, dan para donatur memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian kepada para penggali kubur. (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU) bekerja sama dengan JatimTIMES, Lazisnu Jatim, dan para donatur mengukir senyum para penggali kubur di Malang Raya. Mereka menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bantuan sembako dan  sejumlah uang saku untuk penggali kubur, Rabu (22/9/2021).

Inisiator Rumah Sedekah NU Noor Shodiq Askandar mengatakan,  para penggali kubur merupakan salah satu orang yang berjasa bagi masyarakat. Sebab, ketika seseorang meninggal, mereka merupakan sosok yang berjasa dengan membuatkan tempat peristirahatan terakhir. 

1

"Jika tidak ada mereka, lalu bagaimana nasib orang-orang yang meninggal itu. Tidak sembarang orang juga yang berani untuk menjadi seorang penggali kubur, kecuali mereka," bebernya. 

Baca Juga : Handphone Dijambret, Dua Perempuan Kejar dan Tabrak Pelaku

 

Namun, selama ini nasib tukang gali kubur sering terlupakan. Selama ini, bantuan atau kepedulian lebih benyak tersalurkan kepada mereka warga yang terdampak covid-19, baik itu warga yang positif covid 19 maupun warga yang tengah menjalani Isolasi mandiri.

"Padahal mereka ini kan juga garda terdepan ketika seseorang meninggal. Makanya kita undang mereka. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka. Mereka tidak sendiri," ujar Gus Shodiq.

5

Ketua pelaksana kegiatan Agus Susanto menambahkan hal yang senada dengan Gus Shodiq. Menurut dia, setiap mereka yang meninggal, para penggali kubur ini merupakan orang yang terdepan untuk menyiapkan peristirahatan terakhir. 

Di samping rasa ikhlas, menjadi penggali kubur tentunya juga harus dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kekuatan fisik prima dan orang-orang yang mempunyai nyali.

"Insya Allah ini dicatat oleh Allah SWT. Tentunya ganjaran atau pahalanya juga seperti mereka membuatkan rumah (tempat peristirahatan bagi jenazah)," pungkasnya.

3

Sementara itu, jumlah para penggali kubur yang mendapatkan bantuan mencapai 38 orang. Mereka berasal dari lima dusun di Kabupaten Malang dan satu kelurahan di Kota Malang. Para penggali kubur tersebut mendapatkan bantuan berupa paket sembako hingga uang tunai. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy