Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Rini Akan Buka Tempat Wisata Jika Kabupaten Blitar Berstatus PPKM Level 1

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Sep - 2021, 15:34

Placeholder
Pantai Pasur di Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. (Foto: Aunur Rofiq/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar belum membuka destinasi wisata meski Kabupaten Blitar saat ini berada di level 2 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Destinasi wisata akan dibuka ketika Kabupaten Blitar masuk PPKM Level 1.

“Pembukaan segala sektor akan dilakukan secara bertahap termasuk objek wisata. Rencananya, pembukaan sektor pariwisata sendiri menunggu sebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar masuk level 1 atau sudah masuk wilayah zona hijau. Destinasi wisata akan dibuka melihat situasi kondisi di setiap daerah masing-masing," kata Bupati Blitar, Rini Syarifah, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga : Mudahkan Lansia Dapatkan Vaksin, Polresta Malang Kota Lakukan Vaksinasi Lansia di Panti Jompo

Rini berharap seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Prokes merupakan kunci agar kasus Covid-19 bisa terus turun. Dengan terus turunnya kasus Covid-19 menjadi tonggak bagi Pemkab Blitar untuk mengoperasikan seluruh sektor agar kembali normal termasuk destinasi wisata.

“Untuk sementara waktu pengelola wisata kami minta agar terus menyiapkan seluruh sarana prasarana protokol kesehatan bagi pengunjung. Jika sewaktu-waktu diperbolehkan buka oleh pusat maka semuanya sudah siap 100 persen,” tukasnya.

Lebih dalam bupati yang akrab disapa Mak Rini meminta kepada seluruh pengelola destinasi wisata di Kabupaten Blitar agar konsisten dan disiplin menerapkan prokes. Langkah ini untuk mencegah penularan Covid-19," imbuhnya.

“Yang prokes bukan hanya masyarakat dan wisatawan, tapi pengelola wisata juga harus disiplin menerapkan prokes,” tutupnya.

Baca Juga : Pemkab Gresik Target Herd Immunity Tuntas Dua Pekan Kedepan

Dihubungi terpisah, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik mengatakan, dalam minggu ini, rencananya akan dilakukan rapat membahas pembukaan tempat wisata. Menurutnya, persiapan pembukaan kembali wisata harus dikoordinasikan terlebih dahulu.

"Satu di antaranya dari unsur Satgas Covid-19  internal masing-masing tempat wisata. Hal ini untuk menghindari klaster baru di lingkungan wisata saat nanti dibuka kembali," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni