Gencar Sosialisasi, Bea Cukai Beber Berbagai Peraturan dan Inovasi Bidang Pabean | Jatim TIMES

Gencar Sosialisasi, Bea Cukai Beber Berbagai Peraturan dan Inovasi Bidang Pabean

Sep 14, 2021 18:57
Bea Cukai wilayah Madura bersama Pemkab Pamekasan saat melaksanakan sosialisasi terkait ketentuan dan inovasi di bidang pabean. (Foto:Ist/JTN) 
Bea Cukai wilayah Madura bersama Pemkab Pamekasan saat melaksanakan sosialisasi terkait ketentuan dan inovasi di bidang pabean. (Foto:Ist/JTN) 

JATIMTIMES - Geliat mengedukasi masyarakat terus dilakukan Bea Cukai wilayah Madura bersama Pemkab Pamekasan terkait berbagai ketentuan dan inovasi di bidang pabean. 

Kali ini, kegiatan sosialisasi dilakukan oleh Bea Cukai di berbagai daerah di Pamekasan dengan sasaran masyarakat umum, pengusaha bidang pabean, hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Baca Juga : Pemkab Malang Siapkan Beberapa Langkah Strategis Sukseskan RPJMD

Di Kecamatan Pademawu, tepatnya di Desa Jarin, Bea Cukai bersama pemerintah daerah setempat kembali mengadakan acara sosialisasi tentang peraturan perundang-undangan cukai, Selasa (14/09/2021)

Tesar Pratama selaku pemeriksa Bea Cukai ahli pertama, menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ketentuan cukai secara umum, ciri-ciri rokok ilegal, dan cara mengidentifikasikan pita cukai. “Agar masyarakat sadar bagaimana pentingnya peran dari cukai rokok  dan  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat seperti apa ciri-ciri rokok ilegal,” ucapnya.

Menurut dia,  ciri-ciri rokok ilegal yaitu rokok tanpa pita cukai (polos), rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas, atau  rokok dengan pita cukai yang salah atau bukan peruntukannya. "Sehingga dengan begitu masyarakat juga bisa paham dan juga saling menjaga peredaran rokok ilegal yang bisa merugikan negara," tambahnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setkab Pamekasan Sri Puja Astuti mengatakan, Pemkab Pamekasan dan Bea Cukai Madura sebagai instansi pemerintah juga berkontribusi dalam memberikan informasi serta edukasi terkait cukai kepada masyarakat.

Baca Juga : Moeldoko Kunjungi Bangkalan, Apresiasi Penanganan Covid-19 

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkait manfaat cukai, manfaat dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) dan bahaya rokok ilegal bagi masyarakat khususnya di Pamekasan. “Oleh karena itu, mari kita bersama-sama membina industri yang bermutu dan memberantas rokok Ilegal,” tandas Astuti.

Topik
Bea Cukai Bea Cukai Madura rokok ilegal Pemkab Pamekasan Berita Pamekasan

Berita Lainnya