30/01/2023 Alasan Motor Lebih Oke untuk Digunakan Sehari-hari Ketimbang Mobil | Jatim TIMES

Alasan Motor Lebih Oke untuk Digunakan Sehari-hari Ketimbang Mobil

Sep 14, 2021 10:24
Vario 150 (Foto/ilustrasi: astra-honda.com)
Vario 150 (Foto/ilustrasi: astra-honda.com)

Pewarta: Redaksi | Editor: Redaksi

JATIMTIMES - Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat pun semakin luas dan beragam. Dulu, kebutuhan utama hanyalah sandang, papan, dan pangan serta pendidikan. Kini, kendaraan sepertinya telah turut masuk dalam kebutuhan pokok, padahal sebelumnya masih dikategorikan dalam kebutuhan tersier atau pelengkap rumah tangga. Sebenarnya, keberadaan transportasi umum telah banyak membantu dalam mobilitas, tetapi memiliki kendaraan sendiri tentu akan lebih memudahkan dan menghemat waktu.

Bagi para pekerja produktif yang sudah memiliki kemampuan untuk membeli kendaraan sendiri, pasti ada banyak hal yang dipertimbangkan sebelum membeli motor maupun mobil sebagai aset kendaraan pribadi. Kendaraan roda dua, jika dilihat dari padatnya jalanan, mungkin lebih banyak dipilih sebagai transportasi utama untuk kegiatan sehari-hari. Honda Vario 150 misalnya, kendaraan roda dua tipe matic yang direkomendasikan jadi pilihan. Bagaimana dengan Anda?

 

Naik Motor Lebih Oke Daripada Mobil, Mengapa?

Setiap jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat pasti punya sisi lebih dan kurangnya. Sebenarnya, apa sih alasan banyak orang lebih memilih naik motor sebagai transportasi sehari-hari daripada mobil? Padahal, jika dilihat dari kenyamanan, tentu naik mobil lebih nyaman, ya? Ternyata, aspek berikut inilah yang jadi pertimbangan:

 

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Meski lebih nyaman, tetap perlu diingat kalau harga kendaraan roda empat jauh lebih mahal dibandingkan dengan roda dua. Ini tentu jadi alasan utama mengapa lebih banyak orang menggunakan motor ketimbang mobil, terlebih untuk mereka yang memiliki bujet terbatas. Bahkan, kini membeli motor sudah jauh lebih mudah dengan banyaknya penawaran kredit dengan cicilan dan bunga terjangkau untuk masyarakat dari dealer. Sederhananya, membeli motor bisa membuat Anda berhemat untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

 

2. Praktis, Efisien, dan Hemat Waktu

Jarak kantor yang jauh dari rumah membuat Anda memerlukan waktu cukup lama di perjalanan? Bayangkan jika Anda masih harus menghadapi padat dan macetnya jalanan di jam-jam produktif. Jika naik mobil, sudah pasti Anda harus berangkat jauh lebih pagi untuk menghindari kemacetan dan sampai di kantor tepat waktu.

Berbeda dengan naik motor. Meski tetap saja harus menyisihkan waktu lebih lama di perjalanan, ukuran motor yang lebih ramping ketimbang mobil membuat Anda lebih mudah menyalip dari sisi samping saat harus menghadapi kemacetan. Alternatif lainnya yaitu mencari jalan pintas yang kebanyakan berupa gang sempit yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Tentunya, naik motor membuat Anda lebih cepat sampai tujuan tanpa harus merasa kelelahan menyetir di jalanan.

 

3. Hemat Bahan Bakar dan Perawatan

Selain harga, biaya untuk membeli bahan bakar dan melakukan perawatan atau servis berkala juga turut jadi pertimbangan saat hendak membeli kendaraan. Volume kendaraan yang berbeda antara mobil dan motor membuat kebutuhan bahan bakarnya pun tidak sama besarnya. Mudahnya, bahan bakar untuk motor jauh lebih sedikit daripada mobil. Belum lagi jika mobil dipakai setiap hari dan harus selalu menghadapi macet, tentu penggunaan bahan bakar akan lebih boros.

Tak hanya itu, biaya yang harus Anda sisihkan untuk melakukan perawatan rutin jika tidak banyak jika memilih motor sebagai moda transportasi sehari-hari. Belum lagi biaya pajak yang harus Anda bayarkan setiap tahunnya. Bahkan, Anda bisa melakukan perawatan motor sendiri di rumah. Berbeda dengan mobil yang membutuhkan biaya pajak tahunan dan perawatan yang tentunya tidak kecil. Biaya pasca pembelian inilah yang tentu harus Anda pikirkan sebaik mungkin.

 

4. Biaya Parkir Lebih Murah

Anda pasti sudah tahu kalau di manapun berhenti, biaya parkir selalu menanti. Anda pun sudah tahu jika motor lebih mudah mendapatkan area parkir dibandingkan dengan mobil, begitu pula dengan biaya parkir yang dibebankan. Terlebih jika Anda bepergian ke sentra belanja atau hiburan, pasti biaya parkirnya lebih mahal dengan hitungan per jam. Biasanya, area parkir kendaraan roda dua lebih dekat dengan pintu utama karena tidak membutuhkan ruang yang besar seperti halnya area parkir mobil.

 

5. Mudah Dibawa saat Mogok atau Ban Kempes

Pernah membayangkan kendaraan Anda mogok dan tidak ada orang lain yang bisa dimintai bantuan? Baik karena mesin bermasalah atau ban kempes, kendaraan yang mogok atau tidak bisa digunakan tentu akan sangat menjengkelkan. Lalu, bagaimana jika ini terjadi pada mobil Anda? Pastinya, menemukan bengkel atau tambal ban tak semudah saat Anda naik motor.

Tinggal dorong sendiri, dan berhenti di bengkel terdekat. Kalau mobil yang mengalami kerusakan atau ban kempes, Anda butuh orang lain untuk membantu mengecek kondisi mesin atau mendorong mobil hingga ke bengkel atau tambal ban terdekat. Sayangnya, menemukan bengkel mobil tentu tidak semudah bengkel motor, ya?

 

6. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Mungkin, Anda belum tahu kalau naik motor juga ada manfaatnya untuk tubuh. Jika Anda mengendarai motor dengan teknik yang tepat, tanpa sadar koordinasi tubuh pun akan terbentuk lebih baik. Misalnya saat harus memutar gas, menarik kopling, dan rem. Gerakan yang dilakukan tubuh ketika Anda berbelok pun membantu meningkatkan keseimbangan untuk menghindari terjatuh, lho!

 

Baca Juga : Naik Rp 8,9 Miliar, Berikut Rincian Lengkap Harta Kekayaan Presiden Jokowi dari Tanah hingga Kendaraan

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa orang lebih memilih untuk naik motor saat beraktivitas sehari-hari daripada mobil. Namun, kalau bicara kenyamanan, itu kembali lagi pada Anda, karena memang naik mobil sudah pasti jauh lebih nyaman. Sekali lagi, semua ada nilai lebih dan kurangnya, bukan?  

Jika Anda berniat mencari kendaraan roda dua terbaik, salah satu rekomendasinya adalah Vario 150. Anda bisa melakukan pengecekan harga dan pembelian motor besutan Honda ini dengan lebih mudah melalui aplikasi Blibli. Yuk, cek harganya sekarang!

 

Topik:

Otomotif

Judul berita Alasan Motor Lebih Oke untuk Digunakan Sehari-hari Ketimbang Mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Otomotif

Berita Lainnya