Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dispendukcapil Dorong Sahabat Edukasi Adminduk Jadi Garda Depan Edukasi Program Kependudukan di Kabupaten Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Sep - 2021, 20:32

Placeholder
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati.(Foto: Aunur Rofiq/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Blitar Rini Syarifah membentuk Sahabat Edukasi Adminduk untuk menyukseskan program Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kabupaten Blitar. Setelah terbentuk, Sahabat Edukasi Adminduk segera turun memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati, menyampaikan hingga hari ini masyarakat di Kabupaten Blitar masih banyak yang belum memahami prosedur dan persyaratan pengurusan dokumen adminduk. Oleh sebab itu dibentuklah Sahabat Edukasi Adminduk dengan menggandeng TNI-Polri dan Organisasi Kemasyarakatan.

Baca Juga : Targetkan Rp 100 Miliar untuk Penyaluran Dana UMKM Maucash dan Batumbu Jalin Kerja Sama

Terbentuknya Sahabat Edukasi Adminduk diharapkan akan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

“TNI-Polri dan tokoh-tokoh agama setelah ini akan berbicara tentang itu (adminduk). Mereka akan berbicara ini hingga tingkat desa sampai tingkat RT dengan menerjunkan Sahabat Edukasi Adminduk. Ketika mereka bicara maka akan banyak orang yang bertanya, di sini lah peluang Dukcapil untuk masuk. Dengan MoU ini kita akan dapat memberikan informasi terbaik dan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Luhur.

Dengan turun ke masyarakat, Sahabat Edukasi Adminduk akan menyampaikan informasi program dan tata cara pengurusan adminduk melalui kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan. Menariknya, TNI-Polri juga akan melakukan sosialisasi dan mendampingi masyarakat yang akan mengurus adminduk dengan menerjunkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai Sahabat Edukasi Adminduk.

“Dengan pola-pola ini tugas kita adalah mencerahkan. Saat ini layanan adminduk di Kabupaten Blitar sudah gratis. Layanan kita cepat, dekat, ora ragat. Pelayanan adminduk sudah hadir di seluruh desa melalui program Salam Sak Jangkah. Jangan sampai ada kesulitan-kesulitan dalam mengakses pelayanan,” tukasnya.

Setelah penandatanganan kerjasama Pemkab Blitar dengan TNI-Polri dan Ormas, Dispendukcapil akan turun ke lapangan untuk memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada lembaga vertikal, ormas dan Sahabat Edukasi Adminduk. Sahabat Edukasi Adminduk akan menjadi garda depan dalam menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait dengan program layanan adminduk.

“Nanti kita akan berikan bimtek. Contoh kalau Fatayat ada rapat kita akan mendatangi mereka kesana. Muslimat ada rapat, kami akan kesana. Bimtek tidak bisa dengan rapat besar, harus per kelompok, per organisasi. Sehingga terjadi dialog, terjadi pertanyaan yang detil tentang admindu. Sehingga ketika Sahabat Edukasi Adminduk ini turun ke masyarakat mereka bisa menjelaskan dengan enak,” pungkas Luhur.

Baca Juga : FRPB Bersama Rengganis Indonesia Bantu Disabilitas di Pamekasan

Sekedar diketahui, dokumen kependudukan sebagai legalitas individu dan keluarga seperti KTP, KK, AKTE wajib dimiliki semua warga Negara. Karena hal ini merupakan amanah konstitusi. Adminduk merupakan kunci semua layanan. Bidang perbankan, imigrasi, pajak, pertanahan dan sebagainya mewajibkan penduduk untuk memiliki dokumen kependudukan. 

Terkait kepengurusannya, Pemerintah Kabupaten Blitar telah melakukan inovasi-inovasi dalam layanan kependudukan antara lain  melalui Si Jaran Ijo, Drive Thru Pelayanan KTP El atau Layanan KTP el keliling, Ambulan Adminduk, Layanan Pak Saidi dan Salam Sak Jangkah. Berkat kerja keras Dispendukcapil, saat ini pelayanan adminduk di tingkat desa/kelurahan sudah bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

Seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Blitar yaitu sejumlah 248 Desa/Kelurahan sudah melaksanakan program Salam Sak Jangkah.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni