Luar Biasa, Bocah SMP di Lamongan Ciptakan Lilin Aromaterapi dan Juara I Kompetisi Internasional | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Luar Biasa, Bocah SMP di Lamongan Ciptakan Lilin Aromaterapi dan Juara I Kompetisi Internasional

Sep 02, 2021 07:41
Haryo baju merah saat audiensi di Kantor Bupati Lamongan (foto: Prokopim Lamongan for JatimTIMES)
Haryo baju merah saat audiensi di Kantor Bupati Lamongan (foto: Prokopim Lamongan for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pembelajaran online atau daring ternyata mampu menjadi berkah bagi pelajar yang kreatif dan inovatif. Salah satunya seperti yang dilakukan, Muhammad Haryo Wibowo Mukti, siswa kelas 8 SMPN 2 Lamongan.

Bocah yang mulai terbiasa dengan dunia maya ketika pandemi ini, mampu memanfaatkan aktivitas media sosialnya menjadi sebuah karya dan produk yang bernilai kekayaan intelektual kelas intelektual. 

Baca Juga : Masuk Tingkat Nasional, Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Dukung Duet Gitaris Muda Kota Kediri di Ajang FLS2N 2021

Bagi bocah yang akrab disapa Haryo ini, Pandemi bukan hambatan, justru sebaliknya, dampak pandemi membuatnya memiliki banyak waktu untuk bermedia sosial secara positif. Dari situ, dia banyak mencari informasi, hingga mengetahui event-event inovasi pelajar di dunia internasional. 

"Ide membuat lilin aromaterapi berbahan dasar kulit jeruk nipis, bunga kenanga, dan daun sereh ini terinspirasi dari banyaknya limbah jeruk yang banyak ditemui di Lamongan yang terkenal sebagai Kota Soto," ujar Haryo saat audiensi ke kantor Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, Rabu (1/9/2021). 

Bahkan, inovasi yang diciptakannya, sebentar lagi akan mendapatkan pengakuan dan perlindungan secara hukum atas hasil kreativitas intelektual. "Saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pak Bupati Lamongan. Semoga apa yang saya buat ini bisa bermanfaat," imbuh Haryo didampingi Kepala Sekolahnya, Yayuk Setya Rahayu.

Bupati YES, panggilan Yuhronur Efendi, berencana untuk mematenkan hasil kreativitas tersebut dengan memfasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamongan. "Ini ada rencana untuk dipatenkan hak kekayaan intelektualnya, akan kami bantu fasilitasi melalui Disperindag. Agar nanti juga bisa diproduksi untuk kemudian diperjualkan," tegasnya.

"Tentu kami berharap ke depannya akan lebih banyak putra dan putri Lamongan yang dapat pula berpartisipasi dalam event-event besar internasional serta mampu menambah perolehan medali untuk Lamongan," tambahnya.

Baca Juga : Tak Hanya Mahir Jadi Dalang Wayang Kulit, Polisi Blitar ini Juga Sukses Berbisnis Ikan Koi

Perlu diketahui, inovasi lilin aromaterapi berbahan dasar jeruk nipis, yang diciptakan Haryo berhasil memperoleh medali emas tingkat internasional dalam kejuaraan OCIIP (Organization for Creativity, Innovation and Invention Promotion) World IP (Intellectual Property) Fair 2021, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia pada 26 April 2021. 

OCIIP sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mempromosikan dan mendukung kecerdasan kreatif, inovasi, dan penemuan yang diselenggarakan di Nigeria. Haryo mengalahkan 24 negara dan membawa pulang medali emas pada event yang diselenggarakan secara online. Sebelumnya juga pernah berhasil memperoleh medali perunggu dan perak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
lilin aromaterapi inovasi lilin aromaterapi inovasi lilin aromaterapi siswa berprestasi Kabupaten Lamongan

Berita Lainnya