Geger Buaya Terlepas di Selokan, Jadi Tontonan Warga Parengan Tuban | Jatim TIMES

Geger Buaya Terlepas di Selokan, Jadi Tontonan Warga Parengan Tuban

Sep 01, 2021 08:53
Saat Buaya ditangkap menjadi tontonan warga Parengan (01/09/2021) (Foto Satpol PP Parengan/Jatim TIMES)
Saat Buaya ditangkap menjadi tontonan warga Parengan (01/09/2021) (Foto Satpol PP Parengan/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Seekor buaya peliharaan milik seorang remaja bernama Haikal Raditiya (15) warga Dusun Bedrek, Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban terlepas dan bersembunyi di dalam selokan puskesmas Ponco. Sontak penemuan buaya diperkirakan sepanjang 2 meter mengegerkan warga sekitar. 

Kapolsek Parengan IPTU Gunadi saat dihubungi JatimTIMES mengatakan, buaya itu pertama kali ditemukan petugas puskesmas Ponco bernama Susi, dan telah berhasil dievakuasi dibawa ke kandangnya.

Baca Juga : Wayangannya Timbulkan Kerumunan, Basroni Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

"Benar mas tadi siang, buaya itu terlepas dari kandangnya dan pemiliknya adalah saudara Haikal Raditiya, Alhamdulillah buaya berhasil dievakuasi sama petugas gabungan," kata Gunadi, Selasa (01/09/2021).

Ia menambahkan, diduga buaya terlepas dari kandangnya untuk mencari makan. Sebab berdasarkan keterangan dari ayah pemilik buaya yang bernama Ekowanto kerap meminta Haikal Raditiya untuk memberikan makan dan juga mengontrol kondisi kesehatan buaya tersebut serta melihat kondisi keamanan kandang. 

"Buaya tersebut belum mempunyai surat konservasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bojonegoro," jelasnya.

Berdasarkan informasi diterima dari pemilik buaya, jika buaya diketahui telah lepas dari kandangnya selama satu Minggu lamanya. Pemiliknya juga telah berusaha mencari namun tidak membuahkan hasil. Untuk evakuasi buaya sendiri, pemilik yang dibantu warga serta petugas menangkap buaya tersebut mengunakan tali tambang. Tali yang telah dipasang kemudian berhasil mengikat mulut buaya. 

Baca Juga : Wayangan Dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan Pagerwojo, Begini Klarifikasi dari Basroni

"Imbuan kepada masyarakat agar hati-hati jika mempunyai hewan peliharaan tolong dijaga dengan baik jangan sampai terlepas dan membahayakan warga lainnya," pungkasnya.

Topik
buaya peliharaan buaya lepas kabupaten tuban

Berita Lainnya