10/12/2022 Edukasi Layanan Klaim BPJAMSOSTEK Kediri di Masa PPKM | Jatim TIMES

Edukasi Layanan Klaim BPJAMSOSTEK Kediri di Masa PPKM

Aug 10, 2021 12:34
BPJAMSOSTEK Kediri melakukan edukasi secara daring. (Eko Arif s/KediriTIMES)
BPJAMSOSTEK Kediri melakukan edukasi secara daring. (Eko Arif s/KediriTIMES)

Pewarta: Eko Arif Setiono | Editor: Dede Nana

KEDIRITIMES - BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) Kediri memberikan edukasi Layanan Klaim dan Informasi  BPJAMSOSTEK kepada BPR Artha Pamenang yang dihadiri oleh 60 tenaga kerja. 

Dibuka secara daring, Kepala BPJAMSOSTEK Kediri Suharno Abidin mengatakan, sebagai upaya  untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 pada setiap titik interaksi layanan, BPJAMSOSTEK Kediri menerapkan kebijakan layanan klaim sebagai langkah-langkah preventif mengantisipasi penularan. 

Baca Juga : Berikut 3 Inmendagri yang Diterbitkan Tito Karnavian Terkait Perpanjangan PPKM Level 4

"Layanan Klaim yang diterapkan adalah Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak asik BPJAMSOSTEK). Ada 3 cara dalam mendapatkan Layanan Klaim di BPJAMSOSTEK," terangnya.

Pertama, untuk pengambilan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) dengan sebab mengundurkan diri, PHK, dan mencapai usia pensiun, dan klaim sebagian 10 atau 30 % peserta akan dilayani melalui Lapak Asik Online dengan cara mengakses link: lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. 

Setelah mendapat jadwal konfirmasi peserta akan dihubungi oleh petugas BPJAMSOSTEK melalui Video Call. Jadi peserta tidak perlu untuk datang antre ke kantor cabang.

Kedua, pengambilan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) peserta akan dilayani melalui Lapak Asik Onsite. Peserta hanya perlu menyiapkan dokumen klaim, scan barcode yang tersedia di kantor cabang dan mengisi data yang diperlukan. Setelah mendapatkan notifikasi peserta akan dilayani melalui video call.

Baca Juga : Bakal Hidup Bertahun-tahun dengan Masker, Luhut Acungi Jempol Mahasiswa

Ketiga, Untuk peserta yang mengalami PHK,  peserta juga dapat mengambil manfaat melalui Kolektif Klaim. Di sini, HRD Perusahaan akan diminta menyiapkan kelengkapan berkas dalam bentuk soft copy yang akan diserahkan kepada Account Representative (AR) Pembina masing-masing perusahaan. Setelah AR Pembina berkoordinasi dengan Bidang Pelayanan Cabang, dokumen akan diverifikasi dan peserta akan di video call oleh petugas.

"Di masa pandemi ini kesehatan, keselamatan dan protokol kesehatan adalah hal yang utama. Harapannya dengan Lapak Asik BPJAMSOSTEK dapat menekan dan melindungi peserta dari penularan Covid-19," tandasnya.

Judul berita Edukasi Layanan Klaim BPJAMSOSTEK Kediri di Masa PPKM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
BPJAMSOSTEK Kediri BPJS Ketenagakerjaan Kediri

Berita Lainnya