Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

SIG Pabrik Tuban Salurkan 38 Hewan Kurban Lewat Pemkab Tuban

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Pipit Anggraeni

19 - Jul - 2021, 14:24

Placeholder
Penyerahan simbolis 38 Ekor Sapi Kurban dari SIG Pabrik Tuban kepada Kepala Daerah Kabupaten Tuban Aditya Halindra Faridzky (Foto Humas SIG/Jatim TIMES)

TUBANTIMES - Momen Idul Adha tahun ini memang sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pandemi covid-19 yang belum juga usai memaksa umat muslim harus menahan diri melakukan beberapa tradisi seperti berkumpul bersama keluarga. Namun meski begitu, filosofi berbagi dalam momen Idul Qurban tetap dilaksanakan sebagai wujud syukur.

Salah satunya terlihat dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban yang memilih tetap berbagi hewan kurban kepada masyarakat sekitar di wilayah Kabupaten Tuban.

Baca Juga : Gandeng MUI, Pegadaian Gelar Istighotsah Nasional untuk Indonesia Sehat 

 

Meskipun dalam suasana pandemi covid-19, SIG Pabrik Tuban memilih menambah jumlah hewan sapi kurban untuk dibagikan ke masyarakat. Jika tahun sebelumnya ada 31 ekor sapi yang dikorbankan, maka tahun ini ada penambahan 7 ekor sapi atau tepatnya ada 38 ekor sapi yang dikurbankan.

Secara simbolis penyerahan hewan kurban diserahkan EVP of Plan Operasional PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Subhan kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky bertempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Senin (19/07/2021).

"Alhamdulillah, tahun ini ada 38 ekor sapi jantan. Rinciannya untuk 26 desa wilayah pengembangan perusahaan Kecamatan Kerek, Merakurak, dan Jenu. Selain itu, untuk Pemkab Tuban, DPRD Tuban, Masjid Agung dan 2 lembaga keagamaan," tutur EVP of Plan Operasional PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Subhan dalam keterangan rilisnya. 

Menurut Subhan, bantuan hewan kurban diserahkan melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR). Hal itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Selain itu, kata dia juga meningkatkan ikatan sosial dengan masyarakat sekitar perusahaan, di tengah kesulitan pandemi Covid-19 melanda Negeri.

"Sebab itu perusahaan meningkatkan jumlah hewan kurban dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," imbuhnya 

Pria kelahiran Bone itu menambahkan, rutinitas tahunan penyaluran bantuan hewan kurban kepada masyarakat juga diharapkan mamlu meringankan beban masyarakat.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi ini," harapnya.

Semangat berkurban menjadi inspirasi bagi corporate untuk berbagi dengan masyarakat sekitar. Harapnya kontribusi positif perusahaan dapat dirasakan lingkungan sekitarnya. 

"Kami harap dapat saling menjaga serta mendukung keberlangsungan perusahaan agar tetap jaya di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat dan situasi pandemi yang belum terkendali," sambungnya. 

Baca Juga : Peduli Warga Binaan, Anggota DPR Bagikan 1 Ekor Sapi Limousin 

 

Lebih jauh Subhan menjelaskan, perusahaan patut bersyukur di tengah ketatnya persaingan di bidang industri persemenan dan wabah Covid-19. SIG masih dapat berbagi dengan masyarakat sekitar dalam penyaluran bantuan hewan kurban. 

"Semoga dukungan semua pihak, termasuk masyarakat sekitar perusahaan akan menjadikan perusahaan semakin berkembang lebih baik lagi, bermanfaat dan keberadaannya semakin dirasakan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan, Semen Indonesia di Tuban berkolaborasi dengan Pemkab Tuban dalam pengelolaan CSR diantaranya penyaluran hewan sapi kurban. 

"Sapi Semen Indonesia dan sapi Pemkab Tuban sendiri nanti akan dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan disalurkan ke 20 kecamatan, pendistribusian akan dimulai tanggal 21-23 Juli," tuturnya.

Menurut pria yang akrab disapa Mas Bupati Lindra, selama ini Semen Indonesia sudah cukup baik dan konsen pengelolaan dana CSR. Hal ini merupakan bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat Kabupaten Tuban. 

"Semoga ke depan kegiatan CSR Semen Indonesia dapat ditingkatkan lagi," tutupnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Pipit Anggraeni