Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PPKM Darurat Diterapkan, Kepatuhan Prokes Warga Kota Blitar Meningkat

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jul - 2021, 16:49

Placeholder
Petugas gabungan di Kota Blitar semakin gencar operasi yustisi.(Foto: Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Blitar mengungkap adanya peningkatan kepatuhan masyarakat di Kota Blitar terhadap protokol kesehatan. Hal ini terjadi sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat diterapkan.

Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun mengatakan, nilai kepatuhan warga untuk menerapkan prokes khususnya memakai masker naik beberapa persen. Kenaikan ini setelah Satpol PP bersama-sama dengan TNI-Polri gencar memberikan sosialisasi dan melaksanakan operasi yustisi.

Baca Juga : Kurangi Mobilitas Masyarakat, Pemkab Bondowoso Matikan PJU

“Disiplin prokes naik, meskipun masih kita temukan ada masyarakat yang abai menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Dalam hal ini kita terus berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi. Begitupun dengan operasi yustisi terus kita tingkatkan,” kata Hadi.

Hadi menambahkan, meskipun ada indikasi naiknya kedisiplinan prokes, namun pihaknya saat operasi masih kerap menemui adanya masyarakat yang abai menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah seperti tidak memakai masker. Terkait hal ini pihaknya akan terus menggencarkan operasi yustisi, sosialisasi dan edukasi.

“Upaya lain yang kita lakukan adalah dengan mematikan lampu kota saat malam hari. Harapan kita kedisiplinan prokes bisa benar-benar mengakar dan menjadi hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat,” tukasnya.

 Berbagai upaya pun telah dilakukan, selain menggencarkan sosialisasi dan operasi yustisi, juga mematikan lampu di malam hari.

Baca Juga : Lagi, Polres Kediri Kota Bagikan Bansos kepada PKL

Hadi menambahkan, kasus Covid-19 di Kota Blitar terus mengalami peningkatan. Untuk itu, Satpol PP bersama Polri dan TNI berupaya melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat di lapangan. Petugas gabungan memberikan sanksi tegas kepada pelanggar agar masyarakat benar-benar disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Ini tugas kita  untuk memberi sanksi kepada pelanggar. Terutama bagi warga yang masih mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah. Semoga dengan gencarnya operasi yustisi dan sanksi tegas akan membuat kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan meningkat," pungkasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni