Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Ekskavasi Tahap Tiga, BPCB Temukan Candi Ketiga di Gunung Klotok

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Yunan Helmy

25 - Jun - 2021, 20:41

Placeholder
Candi ketiga yang baru ditemukan.(eko arif s/jatimtimes)

KEDIRITIMES - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Jawa Timur,  kembali melakukan ekskavasi terhadap bangunan bersejarah yang ada di wilayah Gunung Klotok, Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Jumat (25/6).

Ekskavasi yang diketahui sudah berjalan untuk kali ketiga tersebut berhasil mengungkap sejumlah temuan dan fakta baru yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut merupakan bangunan pada periode abad ke-14 atau pada era Dinasti Yuan di China. 

Baca Juga : Pangkas Pelayanan, Jabatan Struktural Akan Dialihkan ke Fungsional di Bondowoso

Nugroho Harjo Lukito, arkeolog BPCB Trowulan,  mengatakan, pada ekskavasi kali ketiga ini, BPCB berhasil menampakkan struktur bangunan candi ketiga hingga fondasi terbawahnya yang ada di Gunung Klotok. Ada juga Talut yang diketahui sebagai penahan longsor agar candi tidak tergerus.

Nugroho menjabarkan, atas sejumlah fakta yang ditemukan, memang di Gunung Klotok ini terdapat sebuah percandian. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya tiga bangunan candi yang sudah ditampakkan beserta petirtaan atau pemandian suci.

Menurut dia, percandian biasa digunakan oleh warga sebagai tempat peribadatan. "Ekskavasi ketiga ini kita berhasil menampakkan candi ketiga yang lokasinya di bawah candi kedua. Kebetulan hari ini juga hari terakhir dilakukannya ekskavasi tahap tiga ini yang diketahui sudah terhitung 10 hari kami bersama tim di berada di Gunung Klotok," ujarnya.

Baca Juga : Ketua Komisi C DPRD Lumajang: Pengusaha Stockphile, Hentikan Beli Pasir Illegal

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan,  ekskavasi di Gunung Klotok ini akan dilanjutkan tahun depan. Agendanya, membuka Talut dan juga struktur bangunan yang diduga sebagai paseban atau tempat pemberhentian umat sebelum melakukan upacara terhadap candi.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Yunan Helmy