30/01/2023 Ketua Komisi C DPRD Lumajang: Pengusaha Stockphile, Hentikan Beli Pasir Illegal | Jatim TIMES

Ketua Komisi C DPRD Lumajang: Pengusaha Stockphile, Hentikan Beli Pasir Illegal

Jun 25, 2021 19:12
Trisno, Ketua Komisi C DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)
Trisno, Ketua Komisi C DPRD Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

Pewarta: Moch. R. Abdul Fatah | Editor: A Yahya

LUMAJANGTIMES – Rencana penghentian aktivitas penambangan pasir di Lumajang disikapi oleh Komisi C DPRD Lumajang. Melalui, Trisno, Ketua Komisi C DPRD Lumajang diperoleh penjelasan, jika pengusaha stockphile di Lumajang pasir masih membeli pasir tanpa dokumen (SKAB), maka persaingan harga pasir tak akan pernah ada selesainya.

Menurut Trisno, pasir yang tidak disertai dengan SKAB biasanya lebih murah karena tidak membayar pajak. Jika ini terus berlangsung, maka pengusaha tamabang pasir yang berijin akan kalah harga dengan pasir yang tanpa dokumen apapun.

Baca Juga : Temukan Perpindahan Obyek Pajak PT BSI dalam Pembahasan LKPJ, Badan Anggaran Sepakat Gelar Pertemuan Khusus

“Ini tidak bisa dibiarkan, karena akibatnya penjualan pasir dari perusahaan yang berijin dan membayar pajak akan lebih mahal. Akan kalah bersaing. Disisi lain, ini kan pelanggaran hukum juga. Jadi pengusaha stockphile harus hati-hati,” kata Trisno.

Masih kata politisi PPP ini, terkait keluhan dari sejumlah pengusaha tambang dengan adanya praktik pembelian pasir illegal ini, pihak Komisi C akan melaporkan masalah ini kepada pimpinan DPRD Lumajang untuk dilakukan sidak dan pengawasan yang lebih ketat.

“Saya akan ajukan untuk diadakan sidak, dan jika ada pelanggaran yang kita temukan, akan kita teruskan kepada penegak hukum. Jika ini tidak dilakukan, maka akan semakin besar kebocoran PAD dari sektor pertambangan,” kata Trisno.

Trisno yang juga Ketua Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Lumajang ini sudah saatnya pemerintah dengan segala kemampuan yang ada melakukan penertiban dari hulu sampai hilir.

Baca Juga : Penambang Pasir Lumajang Sepakat Hentikan Aktivitas Tambang, Ini Penyebabnya

“Penambangnya harus berijin, yang berijin harus lunas pajak, pembelinya dalam hal ini pengusaha stockphile harus juga berijin. Membelinya juga harus barang yang legal. Tertibkan saja semua, jangan terlalu banyak memberikan peluang adanya pelanggaran,”  kata Trisno kemudian.

Judul berita Ketua Komisi C DPRD Lumajang: Pengusaha Stockphile, Hentikan Beli Pasir Illegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pertambangan pasir illegal pembelian pasir illegal

Berita Lainnya