01/02/2023 4 Jam Diguyur Hujan, 5 Desa di Wonodadi Blitar Terendam Banjir | Jatim TIMES

4 Jam Diguyur Hujan, 5 Desa di Wonodadi Blitar Terendam Banjir

Jun 25, 2021 14:21
Banjir melanda Kecamatan Wonodadi. (Foto: Istimewa/ BPBD Kabupaten Blitar for BlitarTIMES)
Banjir melanda Kecamatan Wonodadi. (Foto: Istimewa/ BPBD Kabupaten Blitar for BlitarTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

BLITARTIMES-Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Blitar menyebabkan lima desa di Kecamatan Wonodadi terendam banjir. Banjir terjadi setelah hujan selama 4 jam melanda pada Kamis (24/6/2021).

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, lima desa yang terendam banjir itu diantaranya Desa Tawangrejo, Desa Wonodadi, Desa Kaliboto, Desa Kolomayan dan Desa Kolomayan.

Baca Juga : Manusia Silver Asal Kediri Ditemukan Tak Bernyawa di Kampung Dongki Blitar

 

“Banjir disebabkan karena hujan lebat sehingga debit air sungai naik dan mengakibatkan luapan,” kata Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Blitar, Lukman Rubai.

Hingga berita ini diturunkan, pada Jumat (25/6/2021) kondisi air sudah surut. Namun masih ada beberapa titik yang tergenang. "Kondisi saat ini debit air sudah surut. Namun di beberapa titik masih ada genangan," terangnya.

Menurut Lukman, banjir luapan itu terjadi 18.00 WIB. Air masuk ke rumah warga dengan ketinggian mencapai selutut orang dewasa. "Ketinggian di beberapa wilayah tidak sama. Ada yang hanya 10 centimeter dan ada pula yang sampai 40 centimeter," jlentrehnya.

Baca Juga : Bersih Desa Kelurahan Blitar, Wali Kota Santoso Ajak Masyarakat Nguri-uri Budaya

 

Lebih dalam Lukman menyampaikan, saat ini BPBD Kabupaten Blitar masih melakukan asessment untuk mendata kerugian akibat banjir. “Kami dari BPBD mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati pada musim penghujan,” pungkasnya.

Judul berita 4 Jam Diguyur Hujan, 5 Desa di Wonodadi Blitar Terendam Banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
banjir blitar bencana banjir

Berita Lainnya