Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Beri Insentif Bagi Guru Honorer Hingga Penjaga Sekolah

Penulis : khairul rozi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Jun - 2021, 20:36

Placeholder
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini (Foto:Ist/Jatimtimes.com)

PAMEKASANTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan insentif bagi guru honorer dan penjaga sekolah yang ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Hal itu sebagai bentuk perhatian dari pemerintah, mengingat pendidikan merupakan salah satu program prioritas Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam selain kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan reformasi birokrasi.

Baca Juga : Pemkab Sambut Baik FH Unej Siapkan Posbankum Untuk Warga Jember

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini menjelaskan, pemberian insentif bulanan tersebut sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayahnya.

Hal itu juga sesuai dengan visi misi Bupati Pamekasan yang terus berkomitmen dalam memajukan pendidikan untuk investasi sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Dia menjelaskan, insentif bulanan tersebut diberikan kepada guru honorer khusus Sekolah Dasar Negeri (SDN). Sementara, honorer penjaga sekolah mulai tingkat SD sampai Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). 

Rinciannya guru kelas sebanyak 416 orang, guru tidak tetap (GTT) pendidikan agama Islam (PAI) sebanyak 238 orang, GTT pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) sebanyak 63 orang dan honorer penjaga sekolah sebanyak 227 orang.

"Besaran insentif setiap bulannya Rp 600 ribu, semuanya sudah terbayarkan sejak bulan januari. Untuk insentif ini dianggarkan sekitar Rp 18 miliar," katanya, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga : Klaster Perumahan Puri Nirwana Kota Malang, 13 Orang Positif Covid-19

Bahkan saat ini pihaknya tengah mengkaji untuk memberikan insentif bagi GTT Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Sebab, GTT SDN sudah terpenuhi secara keseluruhan.

"Seluruh SD (negeri, red) se Kabupaten Pamekasan sudah terpenuhi. Untuk guru honor SMP swasta belum, karena berkaitan dengan aturan," tambahnya.

Pihaknya berjanji akan terus berupaya memberikan perhatian semaksimal mungkin bagi guru Non kategori tersebut, mengingat peran dan pengabdian para guru tidak ternilai harganya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

khairul rozi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni