Hati-Hati, di Kediri Masih Marak Produk Pangan Mengandung Zat Kimia Berbahaya | Jatim TIMES

Hati-Hati, di Kediri Masih Marak Produk Pangan Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Jun 22, 2021 16:34
Petugas DKPP Kabupaten Kediri melakukan rapid test atau uji klinik terhadap sejumlah produk pangan segar yang beredar di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Selasa 22 Juni 2021. (Foto: Ist)
Petugas DKPP Kabupaten Kediri melakukan rapid test atau uji klinik terhadap sejumlah produk pangan segar yang beredar di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Selasa 22 Juni 2021. (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kediri melakukan rapid test atau uji klinik terhadap sejumlah produk pangan segar yang beredar di Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Selasa 22 Juni 2021. 

Uji klinik, dilakukan di Kantor Kecamatan Plemahan, yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari rentannya zat kimia berbahaya yang ada di dalam produk pangan.

Baca Juga : Terima Bantuan Masker dari SBMPD Jatim Kediri-Madiun, Wali Kota Kediri Ingatkan Masyarakat Disiplin Prokes

Hasilnya, ada sejumlah produk pangan yang diketahui terdapat bahan-bahan berbahaya apabila dikonsumsi oleh tubuh.

Sudibyo, Kepala Seksi Mutu, Gizi, dan Keamanan Pangan DKPP Kabupaten Kediri mengatakan, dari hasil uji yang dilakukan, petugas menemukan berbagai jenis sayuran seperti cabai, tomat dan daun sentir, ditemukan terlalu banyak mengandung zat pestisida. Lalu juga ditemukan kerupuk rengginang yang diketahui terdapat kandungan bahan pengawet berbahaya seperti Rhodamin B atau pewarna tekstil.

"Sebagai upaya melindungi konsumen terhadap berbagai jenis produk pangan yang beredar di masyarakat. DKPP Kabupaten Kediri gencarkan rapid test sebagai bentuk antisipasi. Rapid test ini sesuai rencana akan menyasar di seluruh Kecamatan yang di Kabupaten Kediri," ujarnya.

Lebih lanjut, atas adanya temuan ini, Sudibyo mengimbau kepada masyarakat agar lebih jeli dan berhati-hati dalam membeli sebuah produk pangan. Utamanya menghindari sebuah produk pangan yang memiliki warna mencolok, yang disinyalir mengandung zat kimia berbahaya.

Baca Juga : Tingkatkan Kewaspadaan Seiring Lonjakan Kasus Covid-19 Pemkab Kediri Gelar Rapat Koordinasi

"Jadi masyarakat harus lebih berhati-hati. Jangan asal beli murah. Karena hal itu dikhawatirkan mengandung zat-zat kimia berbahaya yang akan merusak kesehatan tubuh di kemudian hari," tuturnya.

Topik
dkpp kabupaten kediri Berita Kediri makanan berbahaya

Berita Lainnya