Rapat Paripurna DPRD Trenggelek, Dewan Resmikan Tiga Perda Sekaligus | Jatim TIMES

Rapat Paripurna DPRD Trenggelek, Dewan Resmikan Tiga Perda Sekaligus

Jun 07, 2021 19:24
Saat Ketua DPRD Trenggelek (kanan) serahkan Draf Peraturan Daerah kepada Wakil Bupati Trenggalek (kiri)
Saat Ketua DPRD Trenggelek (kanan) serahkan Draf Peraturan Daerah kepada Wakil Bupati Trenggalek (kiri)

TRENGGALEKTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Trenggalek gelar tiga agenda sekaligus dalam sidang paripurna, Senin (7/6/2021). Dua agenda pengesahan Ranperda menjadi perda, dan yang satunya adalah penerimaan LPJ Bupati tahun anggaran 2020. 

Adapun dua Rancangan Peraturan Daerah yang kini sudah menjadi Peraturan Daerah tersebut antara lain penggabungan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bangkit Prima Sejahtera (BPS) ke dalam BPR Jwalita dan persetujuan Ranperda tentang Penyelenggaraan Kabupaten Sehat. 

Baca Juga : Benarkah KPK Dilemahkan?

Usai pimpin rapat, Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam minta Bupati segera menindak lanjuti hasil pembahasan ranperda, karena yang disampaikan juga merupakan evaluasi dari Gubernur Jawa Timur. "Dengan kelengkapan ini, semua perangkat lunaknya harus segera disiapkan untuk direalisasikan. Karena dalam mengimplementasikan peraturan daerah, masih memerlukan keputusan Bupati itu sendiri," papar Samsul usai pimpin rapat. 

Samsul Anam juga menjelaskan bahwa laporan pertanggungjawaban (LPJ) Bupati atas APBD tahun 2020, sudah dievaluasi oleh Gubernur. Tinggal bagaimana upaya Pemerintah Daerah dalam memperbaiki catatan yang diberikan. "Sesuai amanat UU 23 tahun 2014 semua tahapan dalam menyusun LPJ bupati sudah dilaksanakan. Mulai dari penyampaian pandangan umum fraksi dan komisi terhadap LPJ dan lebih dominan badan anggaran," jelasnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara menyampaikan bahwa pembahasan Ranperda sudah diselesaikan oleh eksekutif dan legislatif. Pihaknya menjelaskan bahwa, semuanya akan segera ditindaklanjuti. "Intinya semua telah sepakat antara eksekutif dan legislatif atas persetujuan dua Perda ini, selanjutnya Bupati yang akan menindaklanjuti," ucap Mas Syah sapaan akrab Wakil Bupati Trenggalek.

Baca Juga : Dinsos Kota Kediri Kembali Salurkan Sembako untuk Warga yang Isolasi Mandiri

Sedangkan terkait LPJ, Mas Syah mengakui ada beberapa catatan yang harus dibenahi pada tahun anggaran selanjutnya. Namun menurutnya beberapa catatan itu di rasa tidak ada yang sangat krusial, pasalnya tahun 2020 ada pandemi Covid-19. "Saat ini masih lebih baik dari tahun sebelumnya, kalau kesempurnaan saya rasa tidak ada yang sempurna, LPJ pun juga masih ada catatan. Catatan ini nanti yang akan kita jadikan acuan dalam perencanaan tahun anggaran yanga kan datang," pungkasnya.

Topik
Samsul Anam Syah Muhammad Natanegara dprd kabupaten trenggalek

Berita Lainnya