Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Gegara Pakai Barang ini, 2 Peserta UM-PTKIN UIN Malang Dicoret

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Pipit Anggraeni

24 - May - 2021, 17:04

Placeholder
Panitia UM PTKIN UIN Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2021 dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, diikuti 1801 peserta. Seleksi dibagi dalam sembilan sesi ujian. Namun, dalam ujian sesi pertama dari ujian yang dimulai 24 Mei 2021 hingga 27 Mei 2021, teedapat dua peserta yang dicoret.

Mujthaid, Koordinator UM-PTKIN menyampaikan, jika dalam gelaran UM-PTKIN sesi pertama, terdapat dua orang peserta yang di coret lantaran melanggar tata tertib. Tata tertib yang dilanggar dua orang tersebut yakni menggunakan headset pada saat jalannya ujian.

Baca Juga : Cegah Praktik Nakal, Dishub Kota Batu Bakal Perbanyak Pengawas Juru Parkir

"Mereka pakai headset. Sudah diperingatkan tiga kali dan ini sesuai petunjuk teknis," jelasnya. 

Hal tersebut, menjadi larangan lantaran dikhawatirkan bisa digunakan dalam berkomunikasi saat berlangsungnya ujian guna mengantisipasi kecurangan. Termasuk juga melihat refrensi juga menjadi salah satu hal yang melanggar. 

"Radius tiga meter (peserta) mereka harus steril dari orang lain. Untuk memastikan nanti ada capture. Jadi setiap 10 menitan muncul gambar pada layar disekelilingnya," jelasnya.

Sementara itu, dijelaskannya jika dalam satu hari terdapat sekitar tiga sesi. Pada setiap sesi terdapat sekitar 200 peserta. Dan 20 peserta tersebut dibagi dalam 10 room. Dan masing-masing room berisi 20 peserta dengan satu pengawas dan petugas IT.

"Tapi pada sesi pertama ini yang hadir dari harusnya 200 hanya sekitar 185 peserta," terangnya.

Baca Juga : UIN Malang Gelar UM-PTKIN 9 Sesi, Ada 1.801 Peserta

Jumlah tingkat kehadiran peserta, pada sesi percobaan sebelumnya mencapai 92,5 persen. Sedangkan untuk mereka yang tidak hadir 7,5 persen. Ketidakhadiran ini menurutnya lantaran peserta telah diterima pada jalur lainnya atau juga faktor lain.

"Kalau hari ini yang tidak hadir yang mungkin saja telah diterima dijalaur lain atau faktor lainnya kami belum tahu," pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Pipit Anggraeni