Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Bikin Haru, Ketika Cucu Rasulullah Tak Punya Baju Lebaran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

12 - May - 2021, 21:14

Placeholder
Ilustrasi baju lebaran (freepik)

MALANGTIMES - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan yang dirayakan oleh seluruh umat Islam. Hari itu biasanya kaum muslimin merayakan dengan melakukan salat Ied dan memakai pakaian terbaiknya. Memakai baju baru di saat Hari Raya Idul Fitri, telah menjadi kebiasaan di masyarakat.

Pada masanya, bahkan cucu Rasulullah juga ingin berlebaran dengan baju baru yang bagus. Namun sayangnya, saat itu, ia tidak mempunyai baju baru yang akan dikenakan di hari raya penuh kemenangan itu. 

Baca Juga : Benarkah Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup hingga Sekarang?

Lalu seperti apa kisahnya, mari kita simak ulasannya berikut ini yang dihimpun dari channel Islam Populer.

Dijelaskan Al Habib Fahmi bin Thohir Al Habsyi, alkisah Hasan dan Husein cucu Rasulullah yang tidak mempunyai baju baru saat lebaran, sedangkan hari raya sebentar lagi datang.

Lantas mereka kemudian bertanya kepada sang ibu, "Wahai ibu, anak-anak di Madinah telah dihiasi dengan pakaian lebaran kecuali kami. Mengapa ibu tidak menghiasi kami?" 

"Baju kalian masih di tukang jahit," jawab Sayyidah Fathimah

Malam hari telah tiba, namun pakaian baru belum juga terlihat dan dikenakan oleh cucu Rasulullah. Kemudian dua cucu Rasulullah itu bertanya lagi kepada sang ibu. Namun di situ Sayyidah Fatimah menangis karena tidak memiliki uang untuk membelikan baju anaknya.

Tak lama kemudian terdengar suara seseorang yang mengetuk pintu rumah. Sayyidah Fathimah kemudian bertanya, “Siapa?” 

"Wahai putri Rasulullah, saya adalah tukang jahit. Saya datang membawa dua hadiah pakaian untuk kedua putramu," jawab seseorang yang mengetuk pintu rumah Fathimah.

Ketika pintu dibuka, nampaklah seseorang yang sedang membawa bingkisan dan kemudian diberikan kepada Sayyidah Fatimah. Setelah bingkisan tersebut dibuka, terdapat dua gamis, dua celana, dua mantel, dua sorban dan dua pasang sepatu hitam.

Baca Juga : Keren! Kreasi Fashion Sulam Tangan Buatan Warga Kota Malang Ini Tembus Pasar Internasional

Setelah itu, Fathimah kemudian memanggil kedua putranya untuk memberikan bingkisan tersebut agar dipakai kedua anaknya. Tak lama kemudian Rasulullah datang dan telah melihat kedua cucunya mengenakan pakaian baru yang rapi dan indah, dan keduanya begitu terlihat senang.

Dengan senang hati, kemudian Rasulullah mengendong keduanya menciumi mereka dengan penuh kasih dan Rasullullah kemudian sempat bertanya kepada Sayyidah Fathimah. 

"Apakah engkau melihat sang tukang jahit tersebut?" 

“Ya, aku melihatnya,” jawabnya.

Rasulullah bersabda kemudian menjawab, "Wahai putriku, dia bukanlah tukang jahit, melainkan malaikat Ridwan sang penjaga surga."

Nah itulah tadi sahabat MalangTIMES yang beriman, mengenai kisah cucu Rasulullah yang tidak mempunyai baju lebaran, namun akhirnya mendapatkan baju lebaran dari malaikat penjaga surga. 


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana