Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 1442 H pada Tanggal 13 Mei, Ini Dasarnya

Penulis : Fery Arifiansyah - Editor : A Yahya

11 - May - 2021, 02:30

Placeholder
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri (Pexels)

INDONESIATIMESPimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tetapkan 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Penetapan tersebut juga menjadi sebuah penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriyah ada beberapa poin yang ditetapkan, yakni salah satunya mencakup penetapan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal 1442 Hijriyah.

Baca Juga : Drama Korea The Penthouse Season 3 Resmi Tayang pada 4 Juni 2021

Hasil itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir pada tanggal 26 Januari 2021.

Pada maklumat tersebut dijelaskan bahwa ijtimak jelang Syawal 1442 terjadi pada Rabu, 12 Mei sekitar pukul 02.03.03 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta hilal sudah wujud serta di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam matahari itu bulan berada di atas ufuk. "1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis Wage, 13 Mei 2021 M," begitu isi maklumat yang tertulis dan sudah diterbitkan.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Syawal 1442 Hijriah sore ini, Selasa (11/5/2021). Sidang isbat tersebut digelar pada hari ke-29 Ramadan.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip dari Detikcom.

Baca Juga : Pretty Guardian Sailor Moon Eternal The Movie akan Tayang 3 Juni di Netflix

Kamaruddin mengatakan bahwa sidang isbat penentuan awal Idul Fitri nanti akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di gedung Kemenag yang berlokasi di Jakarta Pusat. Menurutnya, sidang isbat hanya akan dihadiri fisik secara terbatas.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," imbuhnya.


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Fery Arifiansyah

Editor

A Yahya