Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kurangi Kepadatan di Masjid, Musholla di Lumajang Diminta Adakan Sholat Ied

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

10 - May - 2021, 17:01

Placeholder
Bupati Lumajang dan Forkopimda, dan MUI saat konferensi pers hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

LUMAJANGTIMES - Melalui keputusan bersama antara Pemkab, MUI, PCNU, PD Muhammadiyah Lumajang, hari ini Senin (10/5) Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat pelaksanan sholat Idul Fitri nanti.

Bupati Lumajang mengatakan, untuk mengurangi kepadatan di masjid, dihimbau kepada takmir mushola di seluruh Kabupaten Lumajang untuk mengadakan sholat Ied sendiri saat hari raya Idul Fitri.

Baca Juga : Benarkah Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup hingga Sekarang?

"Saya tadi sudah rapat dengan MUI, NU dan Muhammadiyah dan berkeputusan agar musholla-mushola dan langgar mengadakan sholat Ied sendiri saat hari raya Idul Fitri nanti," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.

Sementara itu Ketua MUI Lumajang KH. Ahmad Hanif dalam kesempatan yang sama mengatakan, karena Covid-19 ini belum berakhir, maka diminta kepada imam sholat Idul Fitri untuk memilih surat pendek setelah membaca Surat Al Fatihah.

"Kepada iman sholat Ied saya menghimbau agar memiih surat yang pendek saja setelah membaca Surat Al Fatihah, agar sholatnya lebih singkat," kata KH. Ahmad Hanif.

Dalam kesempatan yang sama KH. Ahmad Hanif juga mengatakan, masih dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 ini diminta kepada Khotib untuk memperpendek materi khotbahnya. 

Baca Juga : Indahnya Quba, Masjid Pertama yang Didirikan Rasulullah

"Ya paling lama 7 menit, itu mungkin sudah cukup. Yang penting sudah memenuhi syarat untuk syahnya Sholat Ied," tegasnya kemudian. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya