Hari Raya Idul Fitri Milik Orang yang Berpuasa, Apa Maksudnya? | Jatim TIMES

Hari Raya Idul Fitri Milik Orang yang Berpuasa, Apa Maksudnya?

May 14, 2021 11:17
Idul Fitri (Foto: FindGlocal)
Idul Fitri (Foto: FindGlocal)

INDONESIATIMES - Seluruh umat Islam di dunia kini tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri. 

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tentu selalu disambut penuh sukacita oleh seluruh umat Islam meski saat ini perayaan Idul Fitri berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi covid-19 yang masih belum terkendali. Bahkan, untuk mencegah penularan covid-19, pemerintah melarang untuk mudik Lebaran. 

Baca Juga : Pretty Guardian Sailor Moon Eternal The Movie akan Tayang 3 Juni di Netflix

Namun, disebutkan bahwa Idul Fitri hanyalah milik orang yang berpuasa walau setiap orang bisa berhari raya. Maksudnya, tidak semua orang mendapatkan Idul Fitri. Jadi, hanya orang-orang yang berpuasa saja yang bisa mencapai status Idul Fitri.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedakah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Surabaya Sunarko SAg MSi. Dikutip melalui laman PWMU, dia menjelaskan, Idul Fitri artinya kembali suci, kembali bersih seperti bayi yang baru lahir.

”Kondisi ini hanyalah milik orang yang berpuasa. Karena iman dan mengharap rida dari Allah, maka orang yang puasa akan bersih karena dosanya telah diampuni oleh Allah,” ujar Sunarko.

Baca Juga : Niat, Hukum, Tata Cara dan Ketentuan Pelaksanaan Mengganti Puasa Ramadan

Lebih lanjut, ia menjelaskan hal ini ternyata berdasarkan hadis Nabi Muhammad.  Dalam hadis itu disebutkan, “barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap rida Allah SWT, maka Allah SAWT akan mengampuni dosa-dosanya”. ”Ini alasannya bahwa Idul Fitri hanyalah milik orang yang berpuasa,” imbuh Sunarko. 

Topik
puasa Ramadan Idul Fitri

Berita Lainnya