Bupati Tulungagung Berangkatkan 55 Ton Beras Zakat Fitrah, Disalurkan Pada yang Berhak | Jatim TIMES

Bupati Tulungagung Berangkatkan 55 Ton Beras Zakat Fitrah, Disalurkan Pada yang Berhak

May 08, 2021 10:57
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat di konfirmasi usai pemberangkatan armada penyalur zakat fitrah, Sabtu (08/05/2021). (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat di konfirmasi usai pemberangkatan armada penyalur zakat fitrah, Sabtu (08/05/2021). (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berangkatkan armada pengangkut beras zakat fitrah pada hari ini, Sabtu (08/05/2021). Ratusan ton beras yang diangkut itu selanjutnya akan didistribusikan sebagai zakat fitrah di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah beras zakat fitrah yang telah terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung mencapai 50 hingga 55 ton.

Baca Juga : 5 Malam yang Paling Mustajab untuk Panjatkan Doa

"Ini merupakan program dari Baznas Kabupaten Tulungagung, jumlah yang disalurkan cukup besar 50 sampai 55 ton tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Tulungagung," kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai upacara pemberangkatan armada penyalur zakat di Pendopo.

Dengan penyaluran zakat fitrah, lanjut Maryoto, diharapkan dapat memberikan suatu tambahan kepada saudara-saudara muslim penerima zakat atau warga masyarakat Kabupaten Tulungagung yang memang tergolong penerima zakat (miskin). "Jadi ini pas sesuai sasaran," katanya.

Dijelaskan, pada puncak perjalanan ibadah atau kehidupan saat ini, dirinya masih diberi kesempatan untuk menyampaikan zakat mal atau zakat penghasilan. Karena itu, Maryoto mengajak dan mempersilahkan kepada siapa saja untuk menyampaikan zakat mal seperti yang sudah dilakukannya bersama forkopimda dan pegawai di Lingkup Pemkab Tulungagung.

"Dengan harapan nanti bisa menjadi panutan bagi yang lain, dan akan menambah kas kita dari Baznas untuk kita salurkan kepada mereka yang berhak," tutupnya.

Baca Juga : Sejarah dan Filosofi Ketupat, Makanan yang Sering Ada saat LebaranĀ 

Diketahui, pemberangkatan armada penyalur zakat fitrah 1442 H/2021 M juga dihadiri Ketua DPRD Tulungagung, Ketua Baznas Tulungagung dan beberapa OPD terkait di Lingkup Pemkab Tulungagung. Sebelum upacara pemberangkat tampak ada pemeriksaan kesehatan gratis di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Topik
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo zakat fitrah baznas kabupaten tulungagung

Berita Lainnya