Era Ini, Konsumen Cerdas Kian Meningkat | Jatim TIMES

Era Ini, Konsumen Cerdas Kian Meningkat

May 12, 2021 16:39
Ilustrasi konsumen cerdas (istimewa)
Ilustrasi konsumen cerdas (istimewa)

MALANGTIMES - Tingkat kesadaran konsumen atau konsumen cerdas dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan minimnya laporan komplain konsumen dan juga lantaran gencarnya sosialisasi mengenai konsumen cerdas yang dilakukan pemerintah.

"Dari tahun ke tahun, tingkat kesadaran konsumen sudah bagus. Pantauan kami meningkat," ungkap Kasi Pengendalian dan Pengawasan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Luh Eka Wilantari.

Baca Juga : Film Terbaru Ice Paris dan Tor Bertajuk "Ghost Lab" akan Tayang 26 Mei

Perempuan yang juga Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Malang menegaskan, jika meningkatnya konsumen cerdas selain karena minimnya laporan atau komplain, juga terlihat dari adanya beberapa temuan barang expired yang masih terpajang pada rak namun tak tersentuh oleh konsumen.

Di sinilah, konsumen begitu jeli dalam melihat masa kadaluarsa barang, dan tidak serta merta membeli barang hanya karena penampilan kemasan luar yang masih terlihat bagus.

"Kita sempat pantau ada temuan barang di rak yang expired, nggak dibeli sama sekali oleh konsumen. Konsumen sudah mulai kritis. Ini tentu karena seringnya dilakukan edukasi, jadi konsumen lebih berhati-hati," ungkap perempuan asal Bali ini.

Kendati begitu, pihaknya tetap mengimbau masyarakat atau para konsumen untuk selalu teliti dalam bertransaksi ataupun dalam membeli sebuah produk barang. Pihaknya mengharapkan agar konsumen selalu teliti dan mengecek kondisi kemasan maupun tanggal kadaluarsa.

Baca Juga : Jadi Khas di Hari Lebaran, Terungkap Alasan Sosok Ayah Tak Pernah Tampil di Kaleng Biskuit Khong Guan

Konsumen memang mempunyai hak untuk mendapatkan barang yang baik dan layak untuk dikonsumsi. Hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

"Selalu teliti sebelum membeli. Kalau memang barang rusak dan tak layak, kembalikan ke penjualnya. Jangan mau, harus kritis karena itu hak konsumen yang memang terdapat dalam undang-undang perlindungan konsumen," pungkasnya.

Topik
konsumen cerdas Diskopindag Kota Malang BPSK Kota Malang

Berita Lainnya