Awalnya Ditolak, Warga Jogoyudan Jadikan Sungai Ladang Rupiah | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Awalnya Ditolak, Warga Jogoyudan Jadikan Sungai Ladang Rupiah

Apr 25, 2021 13:47
Djohari menuju Destinasi Sungai Impian. (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah /JatimTIMES)
Djohari menuju Destinasi Sungai Impian. (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah /JatimTIMES)

LUMAJANGTIMES - Upaya Djohari Irianto (39), warga Lumajang yang sukses memoles sungai di daerahnya hingga meraup Rp 12 juta sekali panen ikan, tidak terjadi begitu saja.

Warga Kelurahan Jogoyudan sekaligus inisiator berdirinya Destinasi Sungai Impian (DSI) itu awalnya mendiskusikan idenya dengan tetangga di balai RT. Namun, mayoritas menolak.

Baca Juga : Kakak Beradik yang Jadi Korban Persetubuhan Ayah Tirinya Sempat Kabur Menyelamatkan Diri

Djohari mengatakan disetujuinya rancangan sungai menjadi kolam ikan tersebut setelah menunjukkan video yang berisi program serupa di Klaten, Jawa Tengah. “Warga yang kebanyakan usia sepuh tidak setuju. Setelah saya beri pengertian dan kasih lihat videonya, baru mereka setuju,” ungkapnya.

Lebih lanjut Djohari menjelaskan, warga sekitar sungai dilibatkan agar tumbuh rasa saling memiliki dengan pemberian tugas sebagai tenaga keamanan, kebersihan dan perawatan. "Warga sekitar sungai kami libatkan. Ada yang bagian siram bunga, kasih pakan ikan sampai keamanan," imbuh dia.

Saat ini, situasi di sekitar sungai kian kondusif, baik dari lingkungan dan keamanan. Pasalnya warga tampak serius menjaga keberlangsungan DSI serta mengawasi adanya orang luar yang berniat mencuri ikan di sumgai dengan potensi 400 kg ikan sekali panen tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Lumajang Budidaya ikan di sungai

Berita Lainnya