BPKAD Sebut Hanya 10 Unit Kendaraan yang Masuk Lelang di Tahun Ini | Jatim TIMES

BPKAD Sebut Hanya 10 Unit Kendaraan yang Masuk Lelang di Tahun Ini

Apr 24, 2021 19:05
Tampak dua unit kendaraan di salah satu OPD yang mulai rapuh (Foto: Imam/ JatimTIMES)
Tampak dua unit kendaraan di salah satu OPD yang mulai rapuh (Foto: Imam/ JatimTIMES)

BANGKALANTIMES - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bangkalan, Madura menyebutkan pada tahun 2021, hanya ada 10 kendaraan yang dilaporkan.

Padahal menurut Kepala BPKAD, Abdul Azis menyebutkan berdasarkan informasi, ada ratusan aset daerah yang tidak dilaporkan oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Bangkalan.

Baca Juga : Keajaiban Ramadan dan Dipeluknya Islam Oleh Seluruh Penduduk Yaman, Bermula Dari Dakwah Ali bin Abi Thalib

"Padahal jika dilaporkan aset daerah yang tidak terpakai itu bisa dilelang dan menguntungkan untuk daerah," ujarnya, Sabtu (24/4/2021).

Adapun persiapan pengajuan lelangnya, ia menyebutkan sementara ini hanya terdapat 10 unit kendaraan. "Sepertinya sementara ini hanya ada 10 kendaraan saja yang sudah mengajukan untuk dilelang," ucap dia.

Selain itu Azis mengaku, sebelumnya sudah mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar melaporkan aset yang sudah tidak digunakan, tapi nyatanya tidak diindahkan oleh beberapa OPD.

Menurutnya, jika aset daerah tidak dilaporkan secara rutin, nantinya akan mengganggu proses lelang. Sebab, jika pengajuan dilakukan menumpuk, otomatis harus menunggu dan bertahap lantaran petugas yang melakukan taksir harga dan pelelangan juga terbatas. 

"Kami ini kan hanya memfasilitasi pengajuannya, kalau yang melelang kan bukan kami, jadi pengajuannya ini nanti harus bertahap dan bergantian," tuturnya.

Selanjutnya, ia meminta kepada seluruh OPD yang memiliki aset yang sudah tidak digunakan agar segera dilakukan pelaporan.

Baca Juga : Apartemen dan Townhouse Berkelas Hanya Ada di The Kalindra, Intip Kemewahannya

Sebab, proses pelaporan dan pelelangan aset itu jelas dia tidak sebentar dan butuh proses lama. "Contoh saja 10 kendaraan ini sampai saat ini belum dilelang juga," ungkap dia.

Terpisah dari itu, Ketua Komisi B DPRD Bangkalan Moh Rokib mengatakan, tidak dilaporkannya aset daerah itu mungkin ada berbagai faktor. 

"Salah satunya mungkin aset daerah masih bisa digunakan. Sehingga OPD merasa tidak perlu melaporkannya," pungkasnya.

Topik
Aset Daerah aset daerah bangkalan Pemkab Bangkalan

Berita Lainnya