Basmi Hama, Petani di Ngawi Gropyokan Tikus Sawah Libatkan Polisi dan Tentara | Jatim TIMES

Basmi Hama, Petani di Ngawi Gropyokan Tikus Sawah Libatkan Polisi dan Tentara

Apr 22, 2021 16:28
Para petani desa Kwadungan Lor gencar melaksanakan gropyokan tikus serentak. (Foto: Satria Romadhoni/jatimTIMES)
Para petani desa Kwadungan Lor gencar melaksanakan gropyokan tikus serentak. (Foto: Satria Romadhoni/jatimTIMES)

NGAWITIMES - Serangan hama tikus kini menjadi musuh utama bagi para petani di Kabupaten Ngawi. Tak mengherankan jika para petani di Kabupaten Ngawi gencar melakukan upaya basmi tikus secara serentak. 

Seperti yang dilakukan warga di lima dusun di Desa Kwadungan Lor, Kecamatan Padas. Para petani gencar melaksanakan gropyokan tikus serentak pada Kamis (22/04/2021) pagi. 

Baca Juga : Geliatkan Ekonomi, Pasar Ramadan Desa Tegal Pasir Kembali Digelar

Gropyokan tikus serentak itu di antaranya berlangsung di areal persawahan dusun Jomblang, Kiteran, Kwadungan Lor satu, Kwadungan Lor dua dan dusun Gedangan.

Pelaksanaan kegiatan pengendalian hama tikus secara terpadu berlangsung di areal persawahan Desa Kwadungan Lor itu melibatkan kelompok tani setempat, personel Bhabinkamtibmas dari Polsek dan Babinsa Koramil, serta perangkat desa.

Kepala Desa Kwadungan Lor, Sutriyono menegaskan pengendalian hama tikus secara terpadu itu bertujuan untuk membantu permasalahan petani tersebut yang sudah terjadi dari tahun ke tahun.

"Akibat serangan hama tikus, hasil panen para petani merosot tajam hingga 50 persen di Kwadungan Lor ini" ucap Sutriyono kepada Jatim Times saat pimpin gropyokan tikus di wilayahnya. 

Dalam kesempatan itu, Sutriyono juga menyampaikan pengendalian hama tikus secara terpadu itu bertujuan untuk mengakhiri penggunaan jebakan tikus beraliran listrik yang sudah banyak merenggut korban jiwa. 

Baca Juga : I’tikaf di Jaman Now itu Mengurangi Medsos (1)

Selain itu, sebagai upaya kembali meningkatkan kembali hasil panen para petani yang anjlok akibat serangan hama tikus yang hingga kini masih merajalela. "Minimal hama tikus bisa berkurang dan kembali meningkatkan hasil panen para petani" tegas Kepala Desa yang baru menjabat beberapa bulan itu. 

Sementara itu dalam hitungan jam, kegiatan gropyokan tikus secara serentak di areal persawahan di Desa Kwadungan Lor Kecamatan Padas berhasil membasmi ratusan ekor tikus. Selanjutnya tikus yang sudah mati itu akan dimusnahkan dengan cara dibakar.

Topik
BERITA NGAWI Basmi Hama Tikus gropyokan tikus sutriyono kwadungan lor

Berita Lainnya