26/11/2022 Banyak Ranperda belum Selesai, Pimpinan DPRD Trenggalek Evaluasi Kinerja Pansus | Jatim TIMES

Banyak Ranperda belum Selesai, Pimpinan DPRD Trenggalek Evaluasi Kinerja Pansus

Apr 21, 2021 19:31
Agus Cahyono, Wakil Ketua DPRD Trenggalek saat dikonfirmasi awak media usai pimpin evaluasi bersama Alat Kelengkapan Dewan
Agus Cahyono, Wakil Ketua DPRD Trenggalek saat dikonfirmasi awak media usai pimpin evaluasi bersama Alat Kelengkapan Dewan

Pewarta: Ganez Radisa Yuniansyah | Editor: A Yahya

TRENGGALEKTIMES - Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) masih banyak yang belum terselesaikan. Pimpinan DPRD Trenggalek adakan rapat evaluasi dan inventarisasi masalah bersama Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Panitia Khusus (Pansus).

Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Agus Cahyono menerangkan bahwa selama ini pembahasan masih berkutat pada Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sisa tahun 2020 dan usulan Rancangan Peraturan Daerah untuk tahun 2021.

Baca Juga : Respons Eksekutif Soal Aksi Boikot DPRD Jombang Atas LKPJ Bupati

"Karena masih banyak PR yang belum terselesaikan, kami kumpulkan empat Pansus dan Bapemperda untuk melakukan evaluasi sejauh mana kinerja alat kelengkapan dewan berjalan," ungkapnya, Selasa (20/4/2021).

Dijelaskan Agus, upaya ini perlu dilakukan agar pimpinan DPRD tahu sejauh mana progres pembahasan Ranperda. Berapa yang sudah selesai dan jika ada yang belum selesai, kendalanya apa dan apakah membutuhkan atensi khusus atau tidak. "Jadi dengan demikian kan sudah jelas, mana saja Ranperda yang sudah selesai dan mana saja yang belum. Selanjutnya kami bakal menindaklanjuti kendala ini dengan minta Bapemperda agar mempercepat pengerjaan," papar Agus.

Pihaknya juga minta agar pembahasan Ranperda yang sudah masuk Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) segera diselesaikan. Pasalnya masih ada 20 Ranperda dan 7 Ranperda sisa tahun kemarin yang belum terselesaikan. "Kita ingin mengejar Propemperda tahun 2021 ini, karena saat ini masih saja berkutat pada pembahasan Ranperda sisa tahun lalu," terang salah satu wakil Ketua DPRD Trenggalek yang berangkat dari Partai Keadilan Sejahtera ini. 

Baca Juga : Tuntaskan Kemiskinan, Wakil DPRD Kota Surabaya Reni Astuti: 'Butuh Kolaborasi Kelembagaan'

Untuk menunjang banyaknya Ranperda yang masih belum terselesaikan, Agus mengaktifkan empat Pansus sekaligus. Hal tersebut di lakukan untuk mengantisipasi lamanya proses pembuatan naskah akademik yang biasa terjadi. "Karena secara regulasi tidak boleh membentuk pansus lebih dari empat, ya itu kita maksimalkan yang ada. Selanjutnya Ranperda akan dibagi pada empat pansus yang ada tadi. Sementara untuk Ranperda yang baru akan dimasukkan dalam empat pansus sesuai kesepakatan," pungkasnya.

Judul berita Banyak Ranperda belum Selesai, Pimpinan DPRD Trenggalek Evaluasi Kinerja Pansus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Trenggalek DPRD Trenggalek

Berita Lainnya